oleh

Satu Tahun Kepemimpinan Susalit Cokro Aminoto, Ini Kemajuan yang Diraih Desa Harapan Jaya

ALTUMNEWS.Com, PESAWARAN — Bulan ini, hampir setahun Susalit Cokro Aminoto memimpin Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung.

Tidak butuh waktu lama, beragam prestasi dan kemajuan diraih Desa Harapan Jaya. Sesuai janji awal saat menyampaikan visi misinya, percepatan yang telah dikerjakan Susalit Cokro Aminoto lewat lima program unggulannya “Menuju Masyarakat Desa Harapan Jaya yang Aman, Maju dan Sejahtera”.

Lima langkah program kepemimpinan Susalit Cokro Aminoto diarahkan untuk mewujudkan Desa Harapan Jaya yang aman, maju dan sejahtera. Salah satunya di bidang pembangunan infrastruktur dan pariwisata.

“Pembangunan infrastruktur jalan anggaran pusat, Desa Harapan Jaya mendapat 2 titik. Kemudian pembangunan jalan anggaran Pemda Kabupaten Pesawaran, kami mendapat 1 titik dan fly over untuk sepeda downhill,”  kata Kepala Desa Harapan Jaya, Susalit Cokro Aminoto saat bincang khusus dengan Altumnews.com di kediamannya, Senin (09/11/2020).

Pria kelahiran Lampung Selatan 06 Agustus 1968 ini menjelaskan, pembangunan infrastrukur untuk menunjang kemajuan obyek dan daya tarik wisata yang ada di Desa Harapan Jaya.

“Sebagaimana diketahui, kami memiliki objek wisata unggulan yakni Bumi perkemahan Bukit Cendana dan Air Tejun Sinar Tiga. Alhamdulillah akses jalan menuju ke sana mulus, sudah dihotmik,” katanya semringah.

Selain itu lanjut Kades, pihaknya juga terus mengembangkan wisata Bumi perkemahan Bukit Cendana dengan mengadakan kerjasama dengan PT Masari Multi Fruti sebagai pemilik lahan.

Kades yang dilantik pada 06 Januari 2019 lalu ini menjelaskan pada masa pandemi dirinya memprioritaskan untuk mengalokasikan lebih banyak dana desa untuk penanganan Covid-19.

“Kami mengalokasikan 28% atau kisaran 400 juta untuk oprasional penangan Covid-19 dan bantuan langsung tunai dana desa yang menyasar 192 penerima,” jelasnya.

Pada bidang pendidikan, Kades Harapan Jaya menjelaskan telah membantu siswa kurang mampu berupa perlengakapan sekolah antara lain; tas, buku tulis, peralatan tulis, dan seragam sekolah.

“Pendidikan itu adalah hal penting yang harus diperhatikan, karena masa depan Desa Harapan Jaya pada khususnya ada pada anak-anak yang mengenyam pendidikan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Susalit Cokro Aminoto program lain yang telah diwujudkan selama dirinya memimpin antara lain bedah rumah, pembangunan gedung TPA dan TPT serta drainase.

“Untuk keseluruhannya kami menggunakan anggaran dana desa. Dan alhamdulillah, kami juga mendapatkan program bedah rumah dari Basnas sebanyak 2 unit,” ungkapnya.

Sedangkan untuk program kegiatan di bidang sosial, lanjut Kades Pemerintah Desa Harapan Jaya telah memberikan santunan untuk kaum dhuafa, pemberian kursi roda untuk penandang disabilitas dan bantuan lainnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar