oleh

Air Terjun Tirta, Objek Wisata Baru di Pesawaran Mulai Ramai Dikunjungi

ALTUMNEWS.Com, PESAWARAN — Air Terjun Tirta, berada di Dusun Sinar Dua Atas, Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai, Pesawaran, Lampung menjelma menjadi objek wisata baru di kabupaten itu. Pengunjung mulai ramai berkunjung menikmati suasana alam khas pegunungan Pesawaran, atau yang lebih dikenal Gunung Sukmo Ilang.

Air Terjun Tirta, masih berada dalam satu kawasan Bukit Cendana Pesawaran, letaknya berdekatan. Pun dengan Air Terjun Sinar Tiga.

Objek wisata ini mulai dikenal sejak awal tahun Januari 2021. Setelahnya banyak masyarakat yang datang ke sana, menikmati suasana air terjun, berfoto dan mandi di kolam kecil untuk anak-anak.

Susalit Cokro Aminoto, Kepala Desa Harapan Jaya menyebutkan, masyarakat mulai banyak yang datang ke sana, khususnya pada hari Sabtu dan Minggu.

“Pengunjung sudah mulai ramai, cuma tidak setiap hari seperti di Bukit Cendana. Biasanya pengunjung datang hari Sabtu dan Minggu karena paket wisata dengan menu Arter Tirta, Punggung Naga dan berakhir di Bukit Cendana,” kata Susalit Cokro Aminoto kepada Altumnews.com, Rabu (3/3/2021).

Kades Harapan Jaya ini mengatakan rata-rata baru 10-20 wisatawan yang datang, karena masih baru.

“Tapi mereka biasanya dari Bandarlampung, kebanyakan mereka dari komunitas-komunitas,” tambahya.

Air Terjun Tirta, berjarak sekitar 54 km dari Bandarlampung. Jalanan beraspal mulus. Hanya satu km saja yang kondisi jalannya masih under lag.

Menuju Terjun Tirta melalui lintas Padang Cermin-Kedondong, bisa masuk melalui Pasar Bunut atau Pemandian Air Panas Way Urang mengunakan kendaraan pribadi, karena belum ada transportasi publik yang tersedia. Kemudian menuju ke arah Dusun Sinar Dua dan setelah sampai Kantor Desa Harapan Jaya, belok ke kiri sekitar 1 km.

Melintasi pedesaan demi pedesaan, kita akan dimanjakan dengan panorama pegunungan Gunung Pesawaran yang begitu menawan. Udaranya pun dingin terasa.

Sesampainya di gerbang menuju ke aras Air Terjun Tirta, wisatawan akan disambut oleh keramahan petugas yang tergabung dalam Kelompok Wasata (Warga Sadar Wisata) khusus masyarakat Sinar Dua Atas.

“Di sana Kelompok Wasata akan menyambut, dan ada welcome drink berupa minuman air sereh, khas buatan ibu-ibu Dusun Sinar Dua Atas,” kata Kades Harapan Jaya.

Untuk tiket masuk wisatawan hanya cukup merogoh gocek Rp5.000 untuk kedaraan roda dua, sedangkan kendaraan roda empat Rp25.000 dan untuk nge-camp Rp20.000 per tenda.

Asal-Usul Nama Air Terjun Tirta

Menurut Susalit Cokro Aminoto, Kepala Desa Harapan Jaya, Arter Tirta diambil dari bahasa Jawa.

“Tirta bermakna air terjun, artinya meluncur kebawah. Ini destinasi baru yang dibuat oleh Kelompok Warga Sadar Wisata (Wasata) khusus masyarakat Dusun Sinar Dua Atas,” terang Susalit Cokro Aminoto.

Para pengunjung bisa menikmati luncuran air terjun yang tingginya hanya sekitar 6 meter.

“Tapi ada pemandian di bawahnya, ini air terjun ramah anak, tidak berbahaya untuk anak-anak jika mandi di sana,” imbuhnya.

Air Terjun Tirta juga dilengkapi fasilitas objek wisata, seperti MCK sederhana.

Di akhir perbincangan, Kepala Desa Harapan Jaya Susalit Cokro Aminoto menyampaikan harapannya untuk destinasi wisata baru di wilayahnya ini.

“Harapannya Air Terjun Tirta semakin maju, banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, sehingga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar, khususnya masyarakat Dusun Sinar Dua Atas,” tutupnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed