oleh

Jalan Seribu Bunga Menuju Bukit Cendana Pesawaran

ALTUMNEWS.Com, PESAWARAN – Aneka jenis tanaman bunga di sepanjang jalan menuju Bukit Cendana Pesawaran menjadi daya tarik baru untuk para wisatawan yang berkunjung.

Ragam jenis bunga yang tumbuh di tepian jalan itu akan mulai kita nikmati saat memasuki Desa Harapan Jaya, Kecamatan Way Ratai, Pesawaran.

Penungjung yang melakukan perjalanan menuju Bukit Cendana maupun tempat wisata lain di desa ini, menyusuri lintas Padang Cermin-Kedondong, bisa masuk melalui Pasar Bunut atau Pemandian Air Panas Way Urang.

Selain disambut dinginnya hawa pegunungan Pesawaran yang menyengat hingga ke tulang, kita juga akan dimanjakan dengan keindahan warna-warni kembang di sepanjang jalan utama di desa yang memiliki beberapa spot wisata ini.

Sebagaimana diketahui, selain Bukit Cendana, Desa Harapan Jaya kaya akan spot wisata lain yang tak kalah elok untuk dinikmati, seperti : Arter Sinar Tiga, Arter Tirta, Punggung Naga, Kolam Renang Tirto Langgeng dan Bukit Anaya.

Wewangian aroma bunga yang berbaris rapi memanjakan para pengunjung yang melalui. Dijamin semua akan takjub sembari mengucap syukur kepada Tuhan akan kesempatan menikmati keindahan alam tersebut.

Adalah Kepala Desa (Kades) Harapan Jaya Susalit Cokro Aminoto bersama Kelompok Warga Sadar Wisata (Wasata) setempat yang menggagas program ini. “Jalan Seribu Bunga Menuju Cendana”, begitu mereka menamai program ini.

“Untuk menopang wisata Bukit Cendana, semua jalan utama ditanami berbagai macam jenis bunga,” kata Kades Harapan Jaya Susalit Cokro Aminoto saat berbicang eksklusif dengan Altumnews.com di kediamannya, Sabtu (6/3/2021).

Orang nomor satu di Desa Harapan Jaya ini mengatakan, selain inisiatif pribadi, warga desanya khususnya para ibu terpacu menanam bunga di sepanjang ruas jalan karena hadiah berupa uang tunai yang dijanjikan.

“Untuk memicu warga saya memberikan hadiah kepada ibu-ibu yang jalanya paling rapih. Kegiatan ini dilakukan oleh ibu-ibu PKK pada setiap dusun di desa kami,” terang Kades Harapan Jaya.

Penilaian program “Jalan Seribu Bunga Menuju Cendana”, lanjut Kades, dimulai pada awal Maret 2021.

“Tiga tahap, penilaian ke dua bulan Juni dan penilaian ke tiga pada bulan Agustus, pas bunga sudah lagi bagus-bagusnya,” kata Susalit Cokro Aminoto antusias.

Dikatakannya, hadiah uang tunai dengan total Rp15 juta disediakan oleh panitia lomba untuk ibu-ibu PKK di sembilan dusun di Desa Harapan Jaya.

“Rp15 juta dibagi sembilan, juara pertama Rp2 juta, sisanya Rp1,2 juta. Kegunaan hadiah nanti oleh ibu-ibu dibelikan peralatan rumah tangga seperti; piring, gelas alat prasmanan, dll sesuai kebutuhan PKK dusun,” ungkapnya.

Bukan tanpa alasan Kades Harapan Jaya menyelenggarakan lomba ini. Selain untuk membantu ibu-ibu PKK di setiap dusun, juga ada dampak positif lainnya.

“Konsep saya adalah saya membelikan alat rumah tangga kepada setiap PKK dusun, tapi Dusunya menjadi asri. Saya berfikir meskipun dana desa bisa dikasihkan berupa bantuan barang kepada masyarakat PKK, tapi harus ada feedback untuk dusun itu sendiri,” papar Kades.

Sejauh ini menurut Susalit Cokro Aminoto, warga cukup antusias menanam aneka jenis bunga di ruas jalan pekaragannya.

“Warga ibu-ibu antusias, terbukti di semua jalan udah ditanami dan mulai tumbuh. Sekarang di semua jalan utama sudah mulai tumbuh dan Meliatan bagus. Kalau Mas Bejo masuk ke Harapan Jaya dari arah mana aja pasti ditemui bunga sepanjang jalan,” ucapnya sumringah.

Salah satu bunga yang uniik di desa ini adalah Bunga Lantana. “Bunga itu diambil bibitnya dari hutan, jadi tidak perlu biayanya,” pungkasnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed