oleh

Bukit Lantana, Destinasi Wisata Baru di Desa Harapan Jaya Pesawaran, Segera Dilaunching

ALTUMNEWS.Com, PESAWARAN — Menjelajah Desa Wisata Harapan Jaya memang tak ada habisnya. Setelah tersohor dengan Bukit Cendana, Arter Sinar Tiga dan Arter Tirta, kini desa yang masuk Kecamatan Way Ratai Pesawaran ini memperkenalkan ; Bukit Lantana.

Tentu destinasi wisata ini masih asing didengar. Bukit Lantana memang sedang dipersiapkan oleh Kelompok Wasata (Warga Sadar Wisata) Desa Harapan Jaya dan akan segera dilaunching.

“Saat ini Bukit Lantana dengan luas lebih kurang 0,5 hektar ini sudah 40 persen pengerjaannya. Lokasinya terletak diantara Dusun Sinar Tiga dan Sinar Dua,” kata Susalit Cokro Aminoto, Kepala Desa Harapan Jaya kepada Altumnews.com, Kamis (18/03/2021).

Bukit Lantana diprediksi bakal naik daun, lantaran tempat tersebut menawarkan pemandangan alam khas Gunung Pesawaran yang tak kalah eksotis dengan Bukit Cendana dan tentu saja instagramable.

“Rencananya Bukit Lantana menjadi titik start olahraga paralayang dan mendarat di Bukit Cendana. Karena Bukit Cendana terlihat dari Bukit Lantana,” ujar Kades Harapan Jaya.

Bukit dengan ketinggian 900 mdpl ini, menurut Susalit Cokro Aminoto diproyeksi juga menjadi lokasi start untuk olahraga sepeda downhill.

“Namun untuk sekarang baru sampai tahap pembangunan sarana mandi cuci dan kakus (MCK), dan gubuk serta perbaikan akses masuk ke lokasi. Hanya kendaraan roda dua yang bisa masuk,” lanjut Kades.

Lahan Bukit Lantana merupakan milik salah satu warga Dusun Sinar Tiga dan telah melakukan kesepakatan kerja sama dengan Pemerintah Desa Harapan Jaya.

“MoU bagi hasil pemilik lahan dapat 15 persen dari hasil bersih. Jangka waktu 5 tahun dapat diperpanjang,” kata terang Susalit Cokro Aminoto.

Penggagas Wisata Bukit Lantana

Ide untuk menggarap spot wisata baru di Desa Harapan Jaya ini tak lepas dari peran serta Warga Sadar Wisata (Kelompok Wasata) desa setempat.

“Muksoni, Ketua Kelompok Wasata Desa Harapan Jaya menjadi penggagas dibukanya Bukit Lantana,” ungkap Kepala Desa Harapan Jaya Susalit Cokro Aminoto.

Nama Lantana sendiri diberikan oleh Muksoni yang merupakan warga Dusun Sinar Dua ini.

“Lantana itu adalah ikon Desa Harapan Jaya. Di di situ (Bukit Lantana) banyak tumbuh Pohon Lantana. Pohon ini sangat bagus bila dipelihara dan dirawat,” jelas Kades.

Tiket masuk Bukit Lantana per kendaraan roda dua akan dikenai tarif Rp5 ribu rupiah saja, dan bagi wisataawan yang ngecamp Rp20 ribu per tenda.

Lokasi Bukit Lantana

Bukit Lantana terletak di Desa Harapan Jaya Kecamatan Way Ratai Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Berjarak sekitar 52 kilometer dari Kota Bandarlampung. Bisa melakukan perjalanan dari Gedongtaan dan Kedondong atau dapat juga dari Lempasing-Kelapa Rapat.

Waktu tempuh kurang lebih 1,5- 2 jam. Jika dari Kedondong masuk dari Pasar Umbul Kluwih ke kanan atas dan jika melalui Pantai Kelapa Rapat bisa belok dari Pemandian Air Panas Way Urang atau Pasar Bunut. Dari dua titik tersebut menempuh waktu perjalanan sekitar 20 menit.

Walau belum dibuka secara resmi dan masih dalam proses pembangunan sarana dan prasarana, namun sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke Bukit Lantana.

“Yang sudah ngecamp di Bukit Lantana antara lain dari Ikatan Pemuda NU Pesawaran, Komunitas Goweser (pesepeda) dan para Komunitas Pendaki Gunung,” terang Kades Harapan Jaya.

Orang nomor satu di Desa Harapan Jaya ini berharap Bukit Lantana ke depan akan menjadi destinasi wisata baru yang mampu memikat para wisatawan baik dari dalam maupun luar Provinsi Lampung.

“Harapannya yang pasti dapat meningkatkan ekonomi warga kami ya, karena selain menawarkan keindahan alamnya, ke depan Bukit Lantana akan dijadikan pusat olahraga paralayang,” pungkasnya. ***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed