oleh

Callista Gunawan, Siswi SMP Xaverius 1 Bandarlampung Raih Medali Emas dalam Kompetisi Sains Nasional 2021

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Callista Gunawan merupakan salah satu siswi SMP Xaverius 1 Bandarlampung yang berhasil mewakili Provinsi Lampung dalam Kompetisi Sains Nasional 2021. Ajang tersebut dilaksanakan pada 7-12 November 2021 secara daring.

Sebelum berhasil melaju ke nasional, Callista sudah mempersiapkan dirinya sejak kelas VII dengan mengikuti les di luar sekolah dan pendampingan di sekolah. Di sekolah sendiri, Callista mengikuti pendampingan yang diberikan oleh guru dan kakak kelas yang pernah mengikuti olimpiade sebelumnya (medalis).

“Pendampingan itu dilakukan setelah pulang sekolah, IPA hari apa, IPS hari apa, Matematika hari apa, itu sudah ada harinya sendiri-sendiri. Tapi karena adanya pandemi, komunikasi dilakukan secara online,” ungkap Niken Pudyastuti, salah satu guru pendamping peserta KSN pada release yang diterima Altumnews.com, Senin (15/11/2021).

Guru-guru bidang studi memberi pendampingan dengan selalu berkomunikasi secara online, seperti komunikasi di grup, komunikasi pribadi dan guru selalu siap jika ada pertanyaan-pertanyaan terkait soal atau materi yang sekiranya sukar untuk dipahami.

Callista sendiri mengaku bahwa soal tahun ini lebih sulit dibandingkan dengan soal-soal tahun sebelumnya.

“Memang soal KSN yang tahun ini saya akui lebih susah daripada soal tahun lalu karena mungkin gara-gara online jadi mereka kayaknya membuat soalnya lebih susah. Saya akui 70-75% lebih susah. Tapi yang penting saya sudah melakukan yang terbaik,” tutur Callista siswi yang mewakili Provinsi Lampung dalam mata pelajaran IPA.

Callista mengaku bahwa ia dan teman yang lain selalu berlatih soal-soal olimpiade dari tahun-tahun sebelumnya, sehingga Callista mengetahui tipe soal olimpiade di setiap tahunnya.

Meskipun demikian, Callista berhasil meraih medali emas dalam Kompetisi Sains Nasional tahun ini. Ada 15 peserta yang mendapatkan emas dan Callista mendapat peringkat yang cukup tinggi karena disampaikan pada bagian yang terakhir.***

BACA JUGA:  Bersama Kemensos, Pemprov Lampung Realisasikan Pemberian Santuanan Ahli Waris Korban Tsunami

Kontributor : Ni Wayan Eka Ariyani
Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed