oleh

Unila Targetkan Masuk Papan Atas Liga Indikator Kerja Utama PTN BLU 2021

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) menargetkan masuk papan atas Klasemen Liga Indikator Kerja Utama (IKU) PTN BLU 2021. Hingga 25 Februari 2022, Unila berhasil masuk peringkat 8 dengan skor pencapaian 48.

Posisi ini melompat cukup tinggi dari 2020 di peringkat 15 dengan skor capaian 35 dan skor pertumbuhan 273. Namun, proses updating kinerja masih berlangsung hingga tiga hari ke depan.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Unila Prof. Ir. Suharso, S.Si., Ph.D., mengatakan, target papan atas capaian IKU menjadi komitmen pimpinan dan sivitas akademika Unila.

“Pada awal 2022 ini akan diumumkan capaian IKU 2021. Target kami, Unila masuk papan atas karena segenap elemen Unila telah bersinergi mengoptimalkan semua potensi yang ada,” kata Suharso, Jumat, 25 Februari 2022.

Dia memaparkan, semua elemen mulai rektor, wakil rektor, ketua lembaga, dekan, wakil dekan, UPT, kajur, sekjur, kaprodi, semua dosen, dan tenaga kependidikan, bahu membahu melakukan updating data kinerja 2021 pada semua sistem. Mulai dari Tracerstudy, PDDIKTI, Sister, dan Lakerma.

“Motor utama dari gerakan updating ini adalah para kaprodi dan dosen, sedangkan bahan bakarnya pimpinan di rektorat dan fakultas,” tutur Suharso.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan Unila dalam proses updating kinerja ini di antaranya kegiatan bimbingan teknis pada 22-23 Februari 2022 untuk mengisi IKU berbasis prodi.

Semua dekan dan wakil dekan turun langsung mendampingi kajur dan kaprodi dalam memaksimalkan semua potensi yang ada.

“Semua saling mengingatkan, saling membantu dan melengkapi data kinerja. Ini kerja yang luar biasa. Kajur dan kaprodi juga terus mengingatkan dosen untuk melengkapi data kinerja di Sister,” tegasnya.

Selain itu, tim monitoring 8 IKU ikut membantu sivitas akademika Unila yang mengalami kendala dalam menginput datanya ke sistem.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung dan Media Pererat Silahturahmi dengan Kegiatan Coffe Morning

“Alhamdulillah, sinergi dari semua elemen Unila membawa hasil menggembirakan. Sampai 25 Februari ini semua IKU mengalami pertumbuhan dengan skor pencapaian naik menjadi 48. Unila berada di peringkat 8 pada Klasemen Liga IKU 2021 PTN BLU,” kata Suharso.

Namun, lanjutnya, penilaian tersebut belum finish karena masih ada waktu tiga hari lagi untuk memperbaiki posisi. Semua PTN BLU terus bergerak mengupdate data kinerjanya.

“Semoga atmosfer positif Unila tetap terjaga, guyub, dan sinergis. Insyaallah potensi maksimal Unila bisa kita wujudkan,” pungkasnya.

Berikut 8 indikator kinerja utama (IKU) sebagai landasan transformasi pendidikan tinggi:

1. Lulusan mendapat pekerjaan yang layak
2. Mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus
3. Dosen berkegiatan di luar kampus
4. Praktisi mengajar di dalam kampus
5. Hasil kerja dosen digunakan masyarakat
6. Program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia
7. Kelas yang kolaboratif dan partisipatif
8. Program studi berstandar internasional.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed