oleh

Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Berikan Perhatian Maksimal kepada Penyandang Disabilitas

ALTUMNEWS.Com, BANDAR LAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak semua pihak terkait meningkatkan kemitraan dan memberikan perhatian yang maksimal kepada penyandang disabilitas.

Ajakan Gubernur itu disampaikan Assisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan saat mengikuti acara Sosialisasi Pencanangan Gerakan Bersama untuk Penyandang Disabilitas melalui Pendataan Perekaman dan Penerbitan Dokumen Kependudukan guna membangun masyarakat inklusif di wilayah Provinsi Lampung dan se-wilayah 1 Sumatera di Bukit Randu, Kamis (14/4/2022).

Dalam sambutannya, Qudrotul mengatakan melalui program ini Pemerintah dapat memberikan ketekunan, kesabaran, kasih sayang dan empati kepada para penyandang disabilitas terkait dokumen kependudukan.

“Pada hari ini menjadi momentum untuk memberikan kemudahan pelayanan yang berkualitas terkait proses penerbitan dokumen kependudukan kepada penyandang disabilitas,” ujarnya.

Seperti diketahui, ada sekitar 2.102 siswa/siswi SLB se-Provinsi Lampung dan ada sebanyak 586 siswa/siswi yang sudah terdata dalam database di Dapodik.

Menurut Qudrotul, isu penyandang disabilitas masih menjadi isu global karena kehadirannya masih dipandang sebelah mata dan hak-hak penyandang disabilitas sebagai manusia seringkali terabaikan dari hak hidup, hak memperoleh pelayanan pendidikan dan kesehatan serta hak mengakses fasilitas umum.

Ia mengingatkan perlunya sinergitas pentahelix antara pemerintah pusat/provinsi, akademik, komunitas dan keahlian teknis dan manajerial pengelolaan issue disabilitas yang berbasis Hak Asasi Manusia (HAM).***

BACA JUGA:  XL Luncurkan Paket Xtra Combo Flex Kuota Utama Hingga 110 GB, Pelanggan Bebas Pilih Bonus

Komentar

News Feed