Peringati Hari Hipertensi Sedunia, Ketua YJI Lampung Kampanyekan Panca Usaha Jantung Sehat

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Lampung, Riana Sari Arinal, membuka sekaligus menjadi keynote speaker dalam Webinar memperingati Hari Hipertensi Sedunia dengan tema “Cegah dan Kendalikan Hipertensi Untuk Hidup Sehat Lebih Lama”, di Hotel Emersia, Selasa (17/5).

Angka penderita hipertensi semakin hari semakin meningkat. Menurut Ketua YJI Lampung, Riana Sari Arinal, hal ini disebabkan oleh perilaku masyarakat yang bertentangan dengan gaya hidup sehat misalnya makan apapun yang mereka sukai tanpa melihat kebutuhan tubuh, merokok, jarang berolahraga, sering begadang dan lain-lain.

Di samping itu, kata Riana Sari, sebagian besar kebiasaan kita adalah jarang melakukan pemeriksaan kesehatan kecuali dalam keadaan sakit. Umumnya penderita hipertensi tidak mengetahui bahwa dirinya menderita hipertensi, sehingga mereka tidak mendapatkan pengobatan yang memadai. Bila kondisi tersebut berlangsung terus dikhawatirkan mereka jatuh ke kondisi yang lebih berbahaya bahkan sampai dapat menyebabkan kematian.

Riana Sari menjelaskan, Yayasan Jantung Indonesia sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan di bidang kesehatan secara aktif terus mengkampanyekan pentingnya hidup sehat melalui “Panca Usaha Jantung Sehat”.

Panca usaha jantung sehat yang dimaksud meliputi seimbang gizi, enyahkan rokok, hindari stress, awasi tekanan darah, dan teratur berolahraga.

Berbagai upaya Panca Usaha Jantung Sehat ini dilaksanakan oleh Yayasan Jantung Indonesia Cabang Lampung melalui Klub Jantung Sehat yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan dan bahkan sampai ke tingkat desa. Sampai saat ini di Provinsi Lampung tercatat sudah ada 100 lebih Klub Jantung Sehat.

Mereka melakukan kegiatan senam massal secara rutin, melakukan pemeriksaan kesehatan dan mengkampanyekan perilaku hidup sehat ke seluruh masyarakat yang ada di wilayahnya.

“Ke depan diharapkan agar jumlah klub ini terus bertambah dari hari ke hari sehingga panca usaha jantung sehat dapat diterapkan di masyarakat,” harap Riana Sari Arinal.

BACA JUGA:  POP 2019 Fatayat NU di Lampung Suarakan Kerukunan

Riana Sari juga berharap kepada seluruh yang hadir agar turut berperan aktif mengkampanyekan dan menerapkan gaya hidup sehat ke seluruh masyarakat Lampung sehingga masyarakat Lampung dapat tetap sehat.

“Dengan semakin banyak warga Lampung yang sehat maka semakin banyak warga Lampung yang sejahtera, sebagaimana visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, sehingga Lampung dapat Berjaya,” pungkas Riana Sari Arinal.***