oleh

Pascasarjana Unila Gelar Kuliah Umum Dukung Kelestarian Perusahaan Indonesia

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Pascasarjana Universitas Lampung (Unila) menggelar kuliah umum bertajuk “Status dan Perkembangan Kebijakan Lingkungan Hidup dalam Mendukung Kelestarian Perusahaan di Indonesia”, Jumat, 27 Mei 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting ini diinisiasi Program Studi Magister Ilmu Lingkungan dan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Hutan Unila Prof. Dr. Ir. Christine Wulandari, M.P.

Direktur Pascasarjana Unila Prof. Dr. Ir. Ahmad Saudi Samosir, S.T., M.T., dalam sambutan pembukaan mengatakan, untuk mendukung kelestarian perusahaan di Indonesia maka diperlukan suatu strategi pengelolaan yang tepat sehingga sumber daya alam di Indonesia dapat dimanfaatkan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sejak Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) diterbitkan pada tahun 2020 di Indonesia, banyak pihak memberikan kritik kepada pemerintah karena Undang-Undang tersebut dianggap tidak memperhatikan kelestarian lingkungan.

Kritikan-kritikan tersebut muncul berdasarkan adanya penyederhanaan perizinan semisal Amdal, yang diimplementasikan hanya untuk usaha berisiko tinggi. Sementara Undang-Undang tersebut belum menerbitkan kebijakan turunan yang mencakup kategori usaha berisiko rendah, menengah, atau tinggi, sehingga menimbulkan polemik di dunia usaha.

Maka melalui kegiatan ini Prof. Saudi Samosir berharap, muncul strategi yang dapat direkomendasikan untuk mengelola sumber daya alam lestari secara holistik, termasuk aspek kebijakannya.

Adapun narasumber pada kuliah umum ini yaitu Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Hutan Unila Prof. Dr. Ir. Christine Wulandari, M.P., dan H&M Environment Program Specialist (Chemical & Waste) Budiasti Wulansari, S.T., M.Sc., Eng.

Selain Ketua Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Unila Dr. Ir. Samsul Bakri, M.Si., kegiatan turut dihadiri para peserta yang mencapai 200 orang, terdiri dari kalangan mahasiswa dan umum.***

BACA JUGA:  Polda Lampung Buka Layanan Drive Thru PCR Swab Test Covid-19

Komentar

News Feed