SPI Unila Gelar Bimtek Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi Anggaran

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Satuan Pengendalian Internal (SPI) Universitas Lampung (Unila) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perencanaan, Implementasi, dan Evaluasi, Anggaran Perguruan Tinggi, di Ballroom Hotel Emersia Bandarlampung, Rabu, 2 November 2022.

Kegiatan ini dibuka langsung Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja sama, dan TIK Prof. Ir. Suharso, Ph.D.

Dalam sambutannya Prof. Suharso menyampaikan, perencanaan, implementasi, dan evaluasi, merupakan satu kesatuan utuh dalam proses penyusunan anggaran sehingga tercapai hasil efektif dan efisien di setiap program yang direncanakan.

Penyusunan perencanaan anggaran perlu dilakukan dengan tepat agar visi misi perguruan tinggi dapat tercapai melalui program-program yang direncanakan. Selain itu, mitigasi risiko harus selalu diperhatikan guna meminimalkan ancaman yang dapat menghambat terlaksananya program perguruan tinggi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi dalam perencanaan dan anggaran bagi unit kerja di lingkungan Unila,” ujarnya.

Sementara itu Ketua SPI Dr. Budiyono, S.H., M.H., CRA., CRP., CRMP., CPrA., menambahkan, perencanaan anggaran organisasi perguruan tinggi saat ini mempertimbangkan indikator kinerja utama yang disepakati antara pimpinan PTN dan kementerian.

Selanjutnya perencanaan anggaran berbasis risiko akan meminimalkan gangguan dan ancaman yang dapat menghambat visi misi perguruan tinggi.

“Harapan saya melalui bimtek ini kita semua dapat mewujudkan perencanaan, implementasi, dan evaluasi anggaran perguruan tinggi yang berkualitas,” katanya.

Pada pelaksanaan bimtek, SPI Unila menghadirkan narasumber dari Bappenas Lampung yakni Dr. Amich Alhumami yang memaparkan materi Konsep Perencanaan dan Penganggaran di PTN, Perencanaan Anggaran di PTN, Implementasi Anggaran di PTN, dan Evaluasi Perencanaan di PTN, yang dibagi menjadi empat sesi.

Kegiatan turut dihadiri para dekan dan wakil dekan, direktur Pascasarjana, kepala biro, ketua lembaga, koordinator bagian, para subkoordinator subbagian, dan perwakilan instansi lain di antaranya Universitas Islam Negeri Raden Intan dan Poltekkes Tanjungkarang.***

BACA JUGA:  Subholding Gas Pertamina Tambah 75 Pelanggan Baru di Sektor Retail dan Industri