Tingkatkan Manfaat Program CSR, Forum CSR Lampung Selenggarakan Workshop Jelang Musda 2022

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG –– Forum CSR Lampung (FCL) menyelenggarakan workshop Teknik Menyusun Program CSR yang Mendukung Pencapaian Bisnis Berkelanjutan dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Hotel Sheraton, Senin (24/10/2022).

Ketua FCL Dr. V.Saptarini,S,H., M.M., menjelaskan rata-rata perusahaan yang berkehendak baik dalam bisnisnya telah menjalankan program CSR.

“Namun kegiatan ini masih dilakukan sendiri-sendiri dan tidak banyak terekspos sehingga masyarakat atau para pemangku kepentingan tidak mengetahuinya, serta sulit mengukur outcomenya,” kata Saparini.

Menurutnya dengan workshop ini peserta diajak memahami manfaat bersinergi dan menjalankan program dengan memperhatikan pencapaian tujuan pembangunan daerah yang berkelanjutan sehingga manfaatnya lebih bisa dirasakan baik oleh perusahaan, masyarakat dan para pemangku kepentingan.

Workshop yang diikuti oleh 40 peserta ini didukung pula oleh berbagai perusahaan seperti, Nestle, KNA, KMA, GGP, GMP, CCEP, Lambang Jaya Group, JNE, Tirta Investama, Penamas, Sheraton Hotel, TDM Honda, BNI, Natar Gerbang Angkasa, United Tractors, SIP, RS Graha Husada, Telkom, Griyacom, Emersia Hotel, IHGMA, BPJS Ketenagakerjaan, Adiyatama, YLS dll semuanya dari berbagai jenis perusahaan antara lain pabrikan, perkebunan, perbankan, telekomunikasi, rumah sakit, retail, perhotelan, pariwisata, bidang jasa dll.

Kegiatan ini selain menghadirkan pembicara dari Bappeda Provinsi Lampung yang diwakili Bobby Irawan, juga diisi pembicara nasional seperti Jalal, Fajar Kurniawan, Dwi Wiyana.

Acara ini diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan menjelang Musyawarah Daerah (Musda) FCL pada Kamis (17/11/2022) mendatang.

Forum CSR Lampung

Forum CSR Lampung merupakan suatu wadah atau perkumpulan yang diinisiasi para pelaku usaha yang bertujuan mengoptimalkan implementasi peran Badan Usaha dalam penyelenggaraan tanggung jawab sosial dan lingkungan, serta untuk menyediakan informasi, menyamakan persepsi pemangku kepentingan termasuk dalam prioritas sasaran masalah sosial dan lingkungan, baik bentuk dan tahapan program, mekanisme kerja dan prinsip pelaksanaan maupun indikator CSR.

BACA JUGA:  200 Mahasiswa Unila Ikuti Pembekalan Persiapan Karier

Bergerak sejak tahun 2005, Forum yang semula Bernama Forum Komunikasi Antar Perusahaan di Lampung (FORKAPEL) ini sejak tahun 2007 mulai fokus pada advokasi implementasi CSR.

Tahun 2015 FORKAPEL menginisiasi Forum CSR Lampung dan lebur Bersama FCL setelah dikukuhkan dengan SK Gubernur Lampung No G/190/II.02/HK/2016. MUSDA FCL 2022 diselenggarakan sehubungan dengan berakhirnya periode kepengurusan yang selama ini dipimpin oleh Dr.V.Saptarini,S.H.,M.M. yang juga merupakan Ketua Pusat Study CSR Universitas Bandar Lampung.

Untuk meluaskan Sinergi, mulai 2022 FCL bergabung dengan Forum CSR Indonesia (Forum CSRI) yang dikenal pula dengan nama Forum Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Badan Usaha (Forum TJSLBU) yang berkedudukan di Jakarta.
Hanya perusahaan-perusahaan yang berkomitmen terhadap bisnis berkelanjutan yang dapat menjadi anggota FCL mendatang. Untuk itu saat Musda, akan dilakukan penandatanganan fakta integritas dan penyerahan piagam penghargaan bagi perusahan-perusahaan yang telah menyampaikan laporan CSR.

Rencananya, musda akan dihadiri sejumlah unsur yang terdiri dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Legislatif, TNI/Polri, Lembaga/Badan Negara, Perwakilan Forum CSR Kab/Kota di Provinsi Lampung, Pelaku Usaha/Industri (Swasta BUMN/BUMD) di Provinsi Lampung, Perguruan Tinggi, dan Asosiasi Pengusaha.***

Komentar