Pemprov Lampung Gelar Rapat Pemantapan Dukungan Teknologi Informasi di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, memimpin rapat pemantapan dukungan teknologi informasi di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, di Ruang Rapat Sekda, Rabu (11/01/2023).

Hadir dalam acara Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Penanaman Modal dan PTSP, Karo Pengadaan Barang dan Jasa, Plt. Karo Perekonomian.

Kadis Kominfotik Provinsi Lampung Ganjar Jationo dalam laporannya menjelaskan bahwa seluruh jaringan dan pelayanan yang sudah terhandle dari Tahun 2021 sampai saat ini sudah melalui Dinas Kominfo. Ganjar Jationo juga menyebutkan bahwa saat ini telah dikembangkan menuju ke 122 titik layanan di seluruh UPTD dan OPD. Selain itu, terkait penyimpanan data, sudah terpusat di PDN (Pusat Data Nasional).

Terkait usulan 67 titik baru sambungan internet, Kadis Kominfotik menjelaskan, baru terjangkau pada 13 titik dikarenakan wilayahnya yang tidak terjangkau. Selain itu, Ganjar Jationo menjelaskan, kewenangan pengelola jaringan merupakan kewenangan pusat dan sangat bergantung kepada perusahaan penyedia jasa internet.

Selanjutnya, terkait pengembangan dan keluasan jaringan di tahun 2023, Kadis Kominfotik mengatakan akan dilakukan pemasangan jaringan baru untuk menunjang program smart school. Jaringan publik juga sudah tersedia di Lampung, salah satunya berada pada Lampung Elephant Park.

Kedepan, Kadis Kominfotik mengharapkan agar dilakukan penguatan dukungan di sektor IT, diantaranya pengembangan jaringan intranet, penyediaan pusat data Pemerintah Provinsi Lampung melalui PDN, serta membangun sistem penghubung layanan.

Di kesempatan yang sama, Plt. Dirut PT. Lampung Jasa Utama (LJU) bekerjasama dengan PT. Inti Bangun Sejahtera (IBS) menawarkan pemberian layanan intranet kepada seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung. Selain itu, menawarkan kerjasama dalam pembangunan jaringan Metro Ethernet (Metro-E) di Provinsi Lampung. Metro-E ialah layanan jaringan data berkapasitas tinggi berbasis IP atau Ethernet yang sudah dilengkapi dengan jaminan keamanan data, keandalan serta sistem pengawasan sepanjang waktu (24/7).

BACA JUGA:  Jaga Kelancaran Proyek Strategis Nasional, Pertamina Bangun Kolaborasi dengan Kejaksaan

Sementara itu, Sekdaprov Fahrizal Darminto mengungkapkan bahwa dirinya akan lebih dahulu mengkaji dan membandingkan penawaran kerjasama guna pembangunan jaringan infrastruktur IT di Provinsi Lampung.***