Unila Sosialisasikan PMB Mandiri di SMAN 2 Kota Agung

ALTUMNEWS.Com, TANGGAMUS — Universitas Lampung (Unila) mengadakan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Mandiri di SMAN 2 Kota Agung, Tanggamus, Sabtu 17 Juni 2023. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di Unila melalui jalur mandiri.

PMB Mandiri adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di Unila yang ditujukan bagi siswa-siswi yang tidak lolos dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Sosialisasi dimulai pada pukul 09.00 WIB di aula utama SMAN 2 Kota Agung. Acara ini dihadiri Subkoordinator Subbagian Registrasi dan Statistik BAK Unila Ainul Hudzni, S.I.Kom., M.I.P., Tim PMB Unila yakni Bambang Sundari, S.Kom., M.T., dan Donny Lesmana, ST., M.Sc., serta Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 2 Kota Agung Dra. Basariah, beserta dewan guru, dan ratusan siswa SMAN 2 Kota Agung.

Basariah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Unila atas kesempatan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah dalam sosialisasi ini. Ia juga berharap agar kerja sama antara SMAN 2 Kota Agung dan Unila dapat terus terjalin dengan baik.

Sementara itu, Donny Lesmana selaku perwakilan Tim PMB Unila menjelaskan latar belakang dan proses PMB Mandiri di Unila. Ia mengatakan, Unila mengambil keputusan untuk keluar dari SMMPTN-Barat dan membentuk SMPTL bersama beberapa PTS di Lampung demi meningkatkan kualitas penerimaan mahasiswa baru.

“Kami bekerja sama dengan tim independen yang terdiri dari pakar-pakar dari universitas-universitas ternama di Jawa untuk membuat soal-soal berkualitas, terjaga kerahasiaannya, dan dapat menjadi barometer kualitas sistem PMB Mandiri Unila,” ujar Donny.

Dalam sosialisasi yang digelar, peserta diberikan pemahaman mengenai proses pendaftaran, persyaratan, hingga tata cara mengikuti PMB Mandiri di Unila yang dipaparkan Bambang Sundari. Selain itu, mereka diberikan informasi mengenai berbagai program studi yang tersedia di universitas tersebut.

BACA JUGA:  Petugas Kebersihan Unila Belajar Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

Selain materi tentang PMB Mandiri, sosialisasi mencakup informasi mengenai beasiswa dan bantuan biaya kuliah yang dapat diakses calon mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk membantu siswa-siswi yang memiliki keterbatasan finansial agar tetap dapat melanjutkan pendidikan di Unila.

Universitas Lampung berkomitmen untuk menjaga kualitas penyelenggaraan test jalur mandiri yang berintegritas, tanpa intervensi, suap, pengaturan nilai, serta memberikan pendidikan tinggi berkualitas dan peluang yang setara bagi semua calon mahasiswa.

Unila menyambut dengan hangat dan siap menerima calon mahasiswa baru melalui jalur PMB Mandiri. Dengan berbagai program studi yang tersedia dan dukungan penuh dari fakultas dan staf akademik yang berpengalaman, Unila berharap dapat membantu mencetak generasi muda yang berkompeten dan siap menghadapi tantangan dunia kerja.

Sosialisasi PMB Mandiri Unila di SMAN 2 Kota Agung merupakan langkah nyata dalam memberikan informasi dan pembekalan kepada calon mahasiswa. Melalui kegiatan ini siswa-siswi SMAN 2 Kota Agung diharapkan mendapat pemahaman lebih baik tentang proses pendaftaran, persyaratan, serta manfaat bergabung dengan Unila melalui jalur PMB Mandiri.***