Mahasiswi Pendidikan Seni Musik Juara 1 Lomba Anggana Sekar pada LSAF VII 2023

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Zea Zackia Rachma, mahasiswi Universitas Lampung (Unila) berhasil meraih juara 1 pada lomba Anggana Sekar dalam rangka Lampung Sundanese Art Festival VII 2023. Festival ini diselenggarakan di pantai Ngambur, Pesisir Barat, Lampung, 22 Juli 2023.

Lampung Sundanese Art Festival (LSAF) merupakan sebuah festival budaya yang diselenggarakan per dua tahun sekali. Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan kolaborasi dua budaya, yaitu budaya Lampung dan Sunda.

Dara kelahiran tanah pasundan ini mengungkapkan keinginan dirinya untuk mengembangkan bakat dalam menembangkan syair lagu Sunda menjadi alasan kuat dirinya tertarik mengikuti lomba ini.

Dalam perlombaan ini, Zea mengesankan para juri dengan penampilannya yang memukau, membawakan lagu Mawar Bodas dalam bahasa Sunda dan Eghamku di Lampung dalam bahasa Lampung.

Meskipun persiapannya relatif lancar, Zea mengakui kurangnya latihan dalam menyanyikan lagu Sunda membuatnya sedikit lupa pada irama dan ornamen tembang Sunda. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan semangatnya untuk memberikan penampilan terbaiknya di atas panggung.

Prestasi yang diraihnya sangat berarti bagi Zea. Ia merasa, pengalaman mengikuti lomba Anggana Sekar pada LSAF VII 2023 telah memberi banyak pelajaran berharga dan juga perkembangan pribadi yang signifikan.

Selain meningkatkan kepercayaan diri, pengalaman ini juga memperkaya ilmu seni musik yang selama ini ia pelajari di Unila.

“Alhamdullilah meraih juara ini tentu sangat berharga, karena dengan hal tersebut, membuat diri saya menjadi lebih percaya diri. Saya dapat mengimplementasikan ilmu yang diterima ketika berkuliah di Pendidikan Musik Unila secara langsung,” ujarnya.

Tak hanya bangga atas prestasinya, mahasiswi pendidikan seni musik ini berharap kemenangannya dapat berkontribusi dalam mengharumkan nama almamater tercintanya, Universitas Lampung.

Menyampaikan pesan motivasi untuk mahasiswa Unila lainnya yang ingin mengikuti kompetisi serupa, Zea menekankan pentingnya semangat, tekad, dan disiplin tinggi untuk mewujudkan impian.

BACA JUGA:  Aksi Sosial, Wujud Syukur Siswa SMA Xaverius Bandar Lampung di Akhir Sekolah

Dia juga menyarankan agar terus berlatih dan mengasah kemampuan tanpa henti serta tidak pernah patah semangat. Pesan Zea untuk tidak lupa berdoa pun menjadi mantra bagi mereka yang ingin meraih prestasi di bidang seni.

“Sebisa mungkin kita harus dalam keadaan yang baik sehingga dapat fokus mempersiapkan dan menjalani perlombaan. Selain itu, jangan lelah untuk terus berlatih, asah kemampuan diri, tidak patah semangat, istirahat cukup, dan yang paling utama jangan lupa berdoa,” ujarnya.

Menatap masa depan, Zea berharap, perjalanan pendidikan dan kariernya selalu lancar dan diberi kemudahan. Ia juga berambisi untuk memberikan dampak positif bagi dirinya sendiri, keluarga, dan masyarakat luas, melalui karya-karyanya di dunia seni musik.***