9.165 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB 2023

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) selama empat hari, terdiri dari dua hari acara di tingkat universitas dan dua hari di tingkat fakultas.

PKKMB berlangsung mulai Senin hingga Jumat, 14-18 Agustus 2023. PKKMB tingkat universitas dilaksanakan di Gedung Serbaguna Unila, menggabungkan format luring dan daring melalui platform Zoom, serta disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube BAK Unila.

Total 9.165 mahasiswa baru dari berbagai fakultas turut bergabung dalam program ini. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) menghadirkan 1.079 mahasiswa baru, Fakultas Hukum (FH) mendaftarkan 904 mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menerima 2.005 mahasiswa.

Fakultas Pertanian (FP) memiliki jumlah 1.419 mahasiswa, Fakultas Teknik (FT) menghadirkan 1.340 mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) melibatkan 1.261 mahasiswa, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menampung 857 mahasiswa, serta Fakultas Kedokteran (FK) memiliki 300 mahasiswa.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., Asean., Eng., saat memberi sambutan menyampaikan, PKKMB merupakan kesempatan tepat bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan informasi komprehensif mengenai sistem pendidikan perguruan tinggi, baik aspek akademik maupun non-akademik.

Salah satu materi penting yang disampaikan dalam PKKMB ini yaitu “Peran Mahasiswa di Era Digital“, yang disampaikan Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan tentang “Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0” oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T.

Materi lainnya mencakup topik “Berbangsa dan Bernegara“, yang disampaikan Danrem 043 Garuda Hitam, serta pemaparan bahaya terorisme, narkoba, dan intoleransi oleh perwakilan Polda Lampung, serta materi “Kampus Merdeka Tanpa Kekerasan Seksual” dari perwakilan Satgas PPKS Unila Dr. Candra Perbawati, S.H., M.H.

BACA JUGA:  Menang Lomba Video AXIS Go To Schools SMA Yayasan Pembina Unila Raih Hadiah Puluhan Juta

Acara diakhiri dengan sesi pengembangan karakter mahasiswa, yang berfokus pada pencapaian karakter unggul dan inovatif. [Magang_Zukhruffina Wilda Brilliant]

Hadiah Wali Kota untuk Mahasiswa Berprestasi

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana memberikan apresiasi kepada sembilan mahasiswa Unila yang berhasil menjawab pertanyaan umum seputar kota Bandarlampung pada acara PKKMB. Hadiah yang diberikan beragam, mulai dari sepeda, uang tabungan, beasiswa kuliah, hingga umrah.

Salah satu penerima hadiah, Reval Hidayat, mahasiswa Jurusan Farmasi Unila mengaku bersyukur dan semakin bersemangat untuk berkuliah. “Motivasi saya ingin membahagiakan orang tua dan melalui beasiswa ini saya yakin orang tua saya sudah senang,” kata Reval.

Sementara itu, Shelfa Nur Adzelia, mahasiswa jurusan kimia di FMIPA Unila mendapatkan hadiah spesial ibadah umrah. Ia mengatakan, hadiah ini menjadi jembatan bagi dirinya untuk belajar lebih tekun dan mengejar cita-cita.***