Hari Pelanggan Nasional 2023,XL Axiata Terus Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

XL Axiata terus melakukan berbagai langkah inovatif untuk memperkuat dan memastikan berjalannya sejumlah program yang dipercaya mampu mengedepankan kepuasan pelangan. Selanjutnya, masukan pelanggan tersebut menjadi dasar untuk berinovasi dalam rangka meningkatkan kepuasan dan pengalaman pelanggan.

ALTUMNEWS.Com, JAKARTA — Memperingati Hari Pelanggan Nasional 2023, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menegaskan kembali tekad untuk terus meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan (Customer Experience – CX). Pada momen spesial Hari Pelanggan Nasional ini juga, XL Axiata menghadirkan beragam promo khusus sebagai apresiasi kepada pelanggan, selaras dengan komitmen XL Axiata untuk “Ramah Pelanggan, Ramah Lingkungan, Indonesia Jadi Lebih Baik”.

Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata, David Arcelus Oses mengatakan, “Peringatan Hari Pelanggan setiap tahun kami maknai sebagai momentum untuk evaluasi diri guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan. Hingga kuartal kedua 2023, competitive Net Promoter Score (NPS) meningkat dengan pertumbuhan hingga 36% dan lebih tinggi dibanding pasar. Kami berterimakasih atas seluruh masukan pelanggan XL Axiata, karena pencapaian ini tidak lepas dari segala masukan pelanggan yang kami gunakan untuk perbaikan secara terus menerus serta penyediaan berbagai layanan. Kami berharap XL Axiata akan semakin akrab dan dikenal pelanggan sebagai operator yang ramah pelanggan, ramah lingkungan demi Indonesia jadi lebih baik”.

David menjelaskan, Peningkatan score NPS tersebut selaras dengan komitmen XL Axiata untuk terus melakukan berbagai langkah inovatif untuk memperkuat dan memastikan berjalannya sejumlah program yang dipercaya mampu mengedepankan kepuasan pelangan. Seluruh masukan pengguna menjadi dasar untuk berinovasi dalam rangka meningkatkan kepuasan dan pengalaman pelanggan.

Inovasi tersebut antara lain dapat ditemukan di aplikasi myXL dan AXISNet yang semakin kaya dengan fitur-fitur peningkatan pengalaman pelanggan. Kini, di myXL, pelanggan XL dapat menggunakan solusi cepat untuk mendapatkan perbaikan jaringan. Selain itu, ada juga fitur yang memudahkan pelanggan mencari paket internet yang sesuai dengan kebutuhannya. Pelanggan XL PRIORITAS juga dapat mengunci tagihan dari layanan yang tidak diinginkan. Untuk pelanggan AXIS, di myAXIS mereka dapat memproteksi pulsa dengan fitur kunci pulsa.

XL Axiata juga telah menyiapkan fasiltas dan infrastruktur yang beragam, baik melalui telpon atau layanan digital yang bisa dilakukan dari mana saja. Di antaranya, layanan XL Center online, call center, dan layanan digital care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet. Tersedia juga kanal digital seperti E-mail, Twitter, Facebook, Instagram serta Live Chat, untuk melayani sekaligus memberikan solusi atas berbagai pertanyaan baik menyangkut keluhan layanan hingga informasi produk kepada 58 juta pelanggan di berbagai wilayah di Indonesia.

BACA JUGA:  Dukung Kenyamanan Mobilitas Masyarakat Sinyal 4G XL Axiata Tersedia di Seluruh Jalur LRT

Untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, XL Axiata menyediakan sekitar 500 petugas layanan contact pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care. Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.

Hingga saat ini, jumlah interaksi yang diterima oleh call center XL Axiata rata-rata per bulannya adalah 130 ribu transaksi, sedang pada layanan digital care rata-rata interaksi yang masuk setiap bulannya adalah sekitar 350 ribu transaksi. Topik yang sering ditanyakan oleh pelanggan antara lain terkait layanan internet, jaringan, hingga produk maupun layanan. Ada juga cara mengaktifkan nomor dan kartu, serta lokasi XL Center.

Selain itu, XL Axiata juga terus secara agresif melakukan gerakan ramah lingkungan melalui layanan e-SIM. Melalui layanan ini, perusahaan berharap akan bisa ikut mengurangi emisi karbon. Gerakan ini juga mencakup penggunaan green BTS sebagai komitmen XL Axiata untuk menerapkan prinsip ESG dengan mendukung target Indonesia menurunkan emisi karbon 43.2% di tahun 2030, dan di lingkup operasional perusahaan menurunkan emisi karbon 45% dari 2020 baseline pada tahun 2030.

Manajemen dan karyawan survey lapangan

Salah satu upaya untuk mendapatkan masukan pelanggan adalah dengan menemui langsung pelanggan secara acak di lapangan. Untuk itu XL Axiata menggelar Program Akrab Bareng Retail Outlet (AKBAR) yang mengharuskan setiap karyawan termasuk juga jajaran manajemen untuk mendatangi secara langsung outlet penjualan produk layanan XL Axiata, untuk mendapatkan masukan dan kritik dari pemilik atau pengelola outlet, serta juga menemui pelanggan di lokasi yang sama.

Program AKBAR telah dilaksanakan sebanyak dua kali. Pertama pada bulan Maret-April 2022 lalu, dan tahun ini berlangsung sejak awal Agustus 2023. Pada pelaksanaan AKBAR pertama, sebanyak kurang lebih 1.300 karyawan mengikuti program ini di seribu outlet yang tersebar di berbagai daerah di seluruh wilayah operasi XL Axiata mereka datangi.

BACA JUGA:  PT KAI Bagikan Masker, Bentuk Kepedulian Perusahaan Atas Pencegahan Covid-19

Sementara itu, pada Hari Pelanggan ini, direksi dan perwakilan manajemen XL Axiata secara bersamaan turun langsung mengunjungi salah satu retail outlet , serta memberikan pelayanan kepada pelanggan yang berkunjung kesana. Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata, David Arcelus Oses XL Axiata, didampingi oleh Chief Human Capital Officer XL Axiata, M. Hira Kurnia dan Group Head Regional Jabodetabek XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti pada Senin (4/9) datang ke outlet 234 Cell di Kelurahan Menteng Atas, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.

Selain di Jakarta, perwakilan manajemen XL Axiata pun secara langsung turun melayani pelanggan di beberapa gerai XL Center lainnya. Di gerai XL Center Diponegoro Medan, hadir Group Head West Region XL Axiata, Desy Sari Dewi, di gerai XL Center Pemuda Surabaya, hadir Group Head East Region XL Axiara, Dodik Ariyanto, sementara di gerai XL Center Martadinata Bandung hadir Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto.

Promo khusus Hari Pelanggan

Menyambut Hari Pelanggan ini, XL Axiata menghadirkan sederet pilihan promo spesial dari masing-masing produk unggulan yang bisa diperoleh pelanggan melalui aplikasi myXL dan AXISnet.

Promo Hari Pelanggan XL Prabayar

1. Bonus kuota MyRewards up to 2GB + Special Voucher McDonalds atau Klikfim, dengan masa berlaku 1 hari, redeem 1 kali di aplikasi myXL berlaku 4-10 September 2023
2. Bonus Kuota Aplikasi Instagram 1GB dengan membeli paket apa saja yang ada di myXL Special For You seharga Rp 20 Ribu. (berlaku 4 September 2023)

Promo Hari Pelanggan XL PRIORITAS

1. Klaim extra kuota 3GB untuk 3 hari melalui aplikasi myXL, spesial untuk semua pelanggan PRIORITAS hanya di tanggal 4 September 2023.
2. Bonus merchandise PRIORITAS untuk aktivasi baru Plan GOLD ke atas di XL Center terpilih maupun daftar secara online melalui website prioritas.xl.co.id atau Official Store XL PRIORITAS di Tokopedia dan Shopee khusus di tanggal 4 September 2023
3. Beli booster diskon 40%, mendapatkan kuota Youtube sebesar 2GB dan diskon 35% untuk pembelian PRIO Film hanya di aplikasi myXL khusus untuk tanggal 4 September.

BACA JUGA:  Sekdaprov Fahrizal Lepas Jalan Sehat dalam Rangka HUT Korpri ke-52, Sampaikan Pesan Gubernur Arinal agar Korpri Terus Bangun Daerah dan Memperkuat Persatuan Bangsa

Promo Hari Pelanggan AXIS

1. Bonus bebas akses sosial media hingga 3jam dengan melakukan redeem 5 AXIS Coin di Alifetime aplikasi AXISnet pada tanggal 4 September
2. Bonus Kuota Aplikasi Instagram 500MB dengan membeli paket apa saja yang ada di AXISnet Hanya Untukmu seharga Rp 20 Ribu, berlaku pada 4 September 2023.

Promo Hari Pelanggan XL SATU Fiber

Di hari pelanggan nasional ini, XL SATU Fiber memberikan dua jenis promo, yaitu untuk pelanggan baru dan pelanggan lama. Pelanggan baru XL SATU Fiber akan mendapatkan promo menarik yaitu free speed upgrade internet rumah dari hingga 30 Mbps menjadi hingga 50 Mbps selama 6 bulan pertama dan kuota HP bersama gratis untuk seluruh keluarga Anda, hanya dengan berlangganan sebesar Rp 259ribu/bulan. Sedangkan, pelanggan XL HOME atau XL SATU Fiber lama, yang merasa butuh kecepatan lebih dalam berinternet, dapat menikmati diskon upgrade 15% ke paket yang lebih tinggi dan mendapatkan free speed upgrade selama 3 bulan. Kedua promo tersebut berlaku hingga 30 September 2023.

Untuk mengetahui paket pilihan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda dan melakukan pengecekan area jangkauan XL SATU, kunjungi website kami di satu.xl.co.id atau menghubungi customer service lewat aplikasi myXL, social media Instagram dan twitter: @xlhomeid, facebook : XLHome, dan via telepon: 820 (nomor XL) atau 0818123820 (semua operator).

Promo XL Axiata Business Solution

1. Promo Special Hari Pelanggan XL SATU BIZ – Pengguna baru XL SATU BIZ akan mendapatkan promo free instalasi.
2. Promo Special Hari Pelanggan Digital Rewards berupa :
Diskon 19 juta + free 1 Infinet Go Gold selama 12 bulan untuk pembelian digital rewards sebanyak 50 TB
Diskon 66 juta + free 5 infinet Go Gold selama 12 bulan juta untuk pembelian digital rewards sebanyak 150 TB