Mahasiswa Unila Tingkatkan Kemampuan Menulis Ilmiah

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Lokakarya Penulisan Bahasa Indonesia Laras Ilmiah bagi Mahasiswa. Seratus mahasiswa dari delapan fakultas turut serta dalam kegiatan yang berlangsung mulai Senin hingga Rabu, 13-15 November 2023, di Aula A Gedung FKIP Unila.

Panitia menghadirkan narasumber Kiki Zakiah Nur, S.S., selaku perwakilan dari Kantor Bahasa Provinsi Lampung. Lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan tulisan ilmiah yang sesuai dengan kaidahnya, dengan fokus pada laras ilmiah.

Laras ilmiah, yang merujuk pada gaya atau tone penulisan dalam konteks akademis atau ilmiah, menjadi fokus utama kegiatan. Gaya penulisan ini dianggap sangat penting untuk menyajikan informasi secara jelas dan objektif, mendorong pembaca untuk berpikir kritis tentang topik yang dibahas.

Bambang Riadi, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala UPT Bahasa Unila menjelaskan, laras ilmiah bertujuan untuk menyampaikan informasi dan ide dengan kejelasan dan objektivitas. Gaya penulisan ini umumnya digunakan dalam konteks penelitian, artikel ilmiah, tesis, dan karya ilmiah lainnya.

“Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa menjaga objektivitas dan keakuratan informasi dalam tulisan ilmiah mereka. Dengan demikian, tulisan mereka dapat diakui dan diterima komunitas ilmiah,” ujar Bambang Riadi saat menyampaikan sambutan.

Lokakarya ini menjadi wadah bagi mahasiswa Unila untuk memperkaya pengetahuan mereka dalam menulis ilmiah dan mengasah kemampuan dalam menggunakan laras ilmiah.

Dengan melibatkan mahasiswa dari berbagai fakultas, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas tulisan ilmiah yang dihasilkan mahasiswa Unila.***

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Gelar Peringatan Hari Kopi Internasional