Sumarju Tinjau Pelaksan RTLH di Kecamatan Palas Lamsel

0
185
Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni pada hari Jumat 21 Juni 2019 lalu meninjau langsung hasil Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Tanjung Sari dan Desa Pulau Tengah, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.

ALTUMNEWS.com, LAMPUNG SELATAN — Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni pada hari Jumat 21 Juni 2019 lalu meninjau langsung hasil Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Tanjung Sari dan Desa Pulau Tengah, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan.

Alhamdulilah bantuan RTLH sudah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dengan pola gotong royong,” kata Kadinsos Lampung.

“Dengan pola gotong-royong tersebut sebagian besar output pada masing-masing rumah sebesar 50 juta dari nilai bantuan sebanyak 15 juta rupiah,” imbuhnya saat ditemui Altumnews.com, Senin, 24 Juni 2019 di kantornya.

Sementara itu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Palas yang sekaligus sebagai Ketua TKSK Provinsi Lampung Sutrisno yang saat itu turut mendampingi Kadisos Lampung mengatakan bahwa bantuan RTLH di Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 80 unit rumah.

“Sedangkan di Kecamatan Palas kebagian sebanyak 20 unit rumah dengan rincian Desa Tanjung Sari 10 unit dan 10 unit di Desa Pulau Tengah,” paparnya.

Dari pemantauan yang dilakukannya menurut Sutrisno, pelaksanakan bantuan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sudah 100% selesai dilaksanakan.

Sementara itu, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Desa Tanjung Sari, Jarwo mengatakan bahwa dalam pengerjaan rehab rumah dilaksanakan secara gotong royong baik tukang maupun yang membantu. “Dengan demikian bantuan hanya diberlikan material saja,” jelas Jarwo.

Salah satu penerima bantuan RTLH Halimah, warga Desa Tanjung Sari,  mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah atas bantuan yang diberikan padanya sehingga memiliki rumah yang layak sebagaimana tetangga lainnya.

“Tanpa bantuan kami sulit sekali memperbaiki rumah, mengingat kami keluarga miskin dengan pekerjaan pokok sebagai buruh tani yang hasilnya hanya cukup buat makan,” tutupnya.***

Sebagai informasi, bahwa pada tahun 2018 Kementerian Sosial telah mengucurkan bantuan untuk RTLH bagi masyarakat miskin di Provinsi Lampung sebanyak 900 unit rumah dengan nilai bantuan sebanyak 13,5 miliar yang tersebar di 12 Kabupaten. Sasaran program ini adalah keluarga miskin khususnya yang telah terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) di Kemensos.***

BACA JUGA:  Berikut Peran Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat di Provinsi Lampung

Editor : Robert

Facebook Comments