Jelang HUT RI, Dusun V Desa Marga Agung di Lamsel Kelap Kelip

0
344
Cahaya kelap-kelip berdesain bintang membuat suasana 17-an di Desa Marga Agung tampak berbeda di banding desa lainnya di Kecamatan Jati Agung.

ALTUMNEWS.com, LAMPUNG SELATAN — Suasana Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-74 sudah terasa di sejumlah daerah di Tanah Air. Bendera Merah Putih berkibar di halaman rumah-rumah warga. Namun nuansa berbeda datang dari Dusun V, Desa Marga Agung, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Di samping bendera dan umbul-umbul warga di sana menghiasi ruas jalan di depan halaman rumah dengan lampu hias yang diuntai di bambu berukuran panjang.

Hasilnya, pada malam hari desa tersebut kelap kelip penuh warna karena hampir seluruh rumah memasang lampu hias. Uniknya, warna dan desain lampu hias serupa berupa motif bintang.

Cahaya kelap-kelip berdesain bintang membuat suasana 17-an di desa itu tampak berbeda di banding desa lainnya di Kecamatan Jati Agung.

“Namanya lampu tumbler, ini ide anak-anak Karang Taruna Dusun V, mas. Dibuat seperti ini agar semarak dan karna ini berkaitan dengan lomba antar dusun di Desa Marga Agung, ada 6 dusun,” ujar Frederikus Yowanto, tokoh pemuda setempat kepada Altumnews.com, Minggu dini hari, 11 Agustus 2019.

Yoyo, begitu Frederikus Yowanto akrab disapa menyebutkan selain pemuda, warga lain juga turut membantu pengerjaan lampu tersebut.

“Ada 40-an pemuda Karang Taruna dibantu oleh bapak-bapak. Untuk pengerjaan kami lakukan bekisar 3 hari, seragam 1 motif bintang. Ada 80-an unit lampu yang kami pasang, kami fokuskan ke jalan utama, dan ada beberapa inisiatif di sebagian gang,” jelas Yoyo.

Yoyo menambahkan bahwa realisasi ide pemuda setempat dalam pembuatan lampu tersebut tak lepas dari peran ketua Karang Taruna dan kepala desa terpilih.

“Komando saudara Mulyanto, Ketua Karang Taruna dusun V, support Kepala Desa Terpilih 2019-2025, Bapak Suharno yang kebetulan berkedudukan di dusun V,” tutup Yoyo.***

Editor : Robert

Facebook Comments