oleh

Tingkatkan Minat Baca, Pemprov Lampung Gandeng Perpunas

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — Perpustakaan Nasional (Perpunas) siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meningkatkan minat baca masyarakat. Sinergitas tersebut selaras dengan program pemerintah pusat dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Kepala Perpustakaan Nasional RI, M. Syarif Bando mengaku sangat mendukung upaya Pemprov Lampung dalam menumbuhkan minat baca masyarakat melalui APBN 2020.

Syarif menjelaskan alokasi anggaran Perpunas dalam APBN 2020 memang sangat rendah, hanya Rp1,2 Triliun. Akan tetapi dengan anggaran tersebut Perpunas siap mengakomodir sarana dan prasarana yang dibutuhkan pemprov untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Lampung.

“Pemprov Lampung bisa segera mengajukan rencana anggaran biaya (RAB) dalam bentuk proposal kepada perpunas untuk nantinya ditindaklanjuti,” ujar Syarif seusai memberikan pengarahan dalam kegiatan bimtek tenaga pengelolaan perpustakaan di Hotel Horison, Bandarlampung, Kamis (3/10).

Ia mendorong agar Pemprov Lampung bisa mengusulkan proposal untuk kegiatan peningkatan sarana dan prasarana minat baca masyarakat pada Februari-Maret 2020. “Sehingga nantinya bisa segera dilakukan evaluasi dan pada September 2020 pelaksanaan sudah bisa dilaksanakan,” lanjutnya.

Diketahui, peningkatan sumber daya manusia merupakan salah satu program pemerintah pusat. Untuk itu pemerintah daerah diminta agar dapat mengimplementasikan program tersebut dimasing-masing daerah, salah satunya dengan cara meningkatkan minat baca masyarakat dan memperbaiki sistem tata kelola perpustakaan.

Pada kesempatan lain, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Ferynia yang diwakili Kabid Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Heriyansyah meminta kepada para pustakawan untuk dapat mengikuti bimtek dengan serius, sehingga seusai kegiatan tersebut bisa langsung diterapkan di masing-masing perpustakaan.

“Kita harapkan para pustakawan yang mengikuti bimtek selama dua hari ini, nantinya bisa semakin meningkatkan manejemen dan tata kelola perpustakaan di tempat mereka bekerja,” ujar Heriyansyah.

Mantan Kabag Humas dan Komunikasi Publik Pemprov Lampung ini, juga mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perpusnas RI yang telah memberikan arahan kepada para pustakawan di Lampung. (Disperpusarsip)

Komentar