Telah Manfaatkan CNG, Rumah Produksi Tahu Susu Lembang Jadi Incaran Kunjungan Media Gathering PGN Lampung

0
68
Sales Area Head PGN Lampung, Mochamad Ari saat berbincang dengan Perwakilan Manajemen Pabrik Tahu Susu Lembang, Rahmat. di Rumah Produksi Susu Tahu Lembang, Minggu, 06 Oktober 2019.

ALTUMNEWS.com, BANDUNG — Media Gathering bersama PGN Area Lampung hari ke-2 Minggu, 07 Oktober 2019 mengunjungi Rumah Produksi Tahu Susu Lembang di Jalan Raya Lembang Bandung No.177, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Dipilihanya tempat ini menurut Strategic Stakeholder Managemen PGN Lampung, Heru Prasetyo mengatakan Rumah Produksi Tahu Susu Lembang merupakan salah satu pelanggan dari sektor industri yang telah menggunakan energi gas bumi  Compressed Natural Gas (CNG).

CNG sendiri dijelaskan Heru merupakan alternatif bagi pemilik usaha yang lokasinya tidak dilewati pipa PGN, tapi tetap ingin menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar.

Heru berharap kunjungan belasan media Lampung ke lokasi ini kiranya dapat menginspirasi tenpat produksi lain untuk memanfaatkan CNG.

“Karena secara ekonomis, penggunaan CNG terbukti lebih murah jika dibandingkan dengan bahan bakar minyak bumi yang lain, hal ini bisa menghemat,” katanya saat mendampingi wartawan.

Sementara itu, Perwakilan Manajemen Pabrik Tahu Susu Lembang, Rahmat mengatakan, tempat usahanya telah tiga tahun menggunakan CNG.

“Ya sejak tiga tahun lalu sudah menggunakan CNG, sebelumnya pakai gas LPG, namun memang ada ada perbaikan-perbaikan seperti lubang kompor yang biasa pakai LPG kecil, dan pakai CNG lebih besar,” bebernya.

Menurutnya pemanfaatan CNG dimulai sejak perebusan kacang kedelai, dari awal mendidihkan air sekitar 40 menit, setelah itu proses terakhir ke penguningan tahu

CNG disebut Rahmat membuat biaya usaha lebih murah hingga 15 persen.

“Sewaktu pakai gas LPG biasa pakai yang kurang tabung 50 kg, Satu tabung harganya sekitar Rp600 ribu, sempet pernah naik juga sampai Rp800 ribu, tapi kalau kelamaan ada gas yang mengendap sekitar 13 kilo, dan tak bisa terpakai, kalau pake CNG kita bayar sesuai pemakaian, karena tidak ada yang mengendap,” pungkasnya.

Sales Area Head PGN Lampung Muhammad Arif pada kesempatan ini memiliki harapan besar agar masyarakat dapat menggunakan energi baik dari PGN tanpa menunggu pipa jaringan dengan memanfaatkan produk CNG dari anak perusahaan PGN yaitu PT Gagas Energi Indonesia.

“Keberadaan CNG dapat membantu pengusaha UMKM menggunakan energi baik dari PT Gagas yang lebih hemat untuk kegiatan produksi atau usaha,” katanya lugas.

Sebagai informasi, Media Gathering bersama PGN Area Lampung pada hari pertama telah mengunjungi Mcdonald’s Soekarno Hatta Kota Bandung yang telah memanfaatkan CNG.***

Editor : Robert

Facebook Comments