Gunung Anak Krakatau Erupsi, Status Waspada

0
532
Gunung Anak Krakatau Erupsi, Status Waspada. Sumber : KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Anak Krakatau https://magma.vsi.esdm.go.id/

ALTUMNEWS.com, LAMPUNG SELATAN — Gunung Anak Krakatau kembali mengalami erupsi. Kepulan abu itu mencapai ketinggian 200 meter.

Erupsi terjadi pada Selasa, 29 Oktober 2019 pukul 09.13 WIB. Gunung berapi yang berada di Selat Sunda itu dalam status waspada.

“Telah terjadi erupsi G. Anak Krakatau, Lampung pada tanggal 29 Oktober 2019 pukul 09:13 WIB, namun tinggi kolom abu tidak teramati. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 41 mm dan durasi ± 50 detik,” demikian bunyi laporan resmi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) berdasarkan situs magma.vsi.esdm.go.id, seperti dikutip altumnews.com, Selasa (29/10/2019).

Menurut laporan tersebut, visual cctv kawah jelas, teramati letusan dengan warna asap putih – kelabu dan hitam tebal tinggi sekitar 200 meter dari dasar kawah. “Tidak terdengar suara dentuman,” tulisnya.

“Saat ini G. Anak Krakatau berada pada Status Level II (Waspada) dengan rekomendasi: masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah,” imbaunya.***

Editor : Robert

Facebook Comments
BACA JUGA:  Jelang UNBK dan Pemilu, PLN UID Lampung Laksanakan Apel dan Gelar Peralatan