SMA Xaverius Bandarlampung Bersama Dinas Sosial Provinsi Lampung Salurkan Bantuan Kursi Roda

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — SMA Xaverius Bandarlampung berbagi kasih kepada dua penyandang disabilitas. Dua unit kursi roda disalurkan oleh siswa-siswi SMA Xaverius Bandarlampung pada Jumat, 06 Desember 2019. Dinas Sosial Provinsi Lampung memfasilitasi penyerahan bantuan ini.

Dua disabilitas yang mendapatkan bantuan kursi roda adalah Maruba Siahaan, warga Sukarame dan Evi Septiana, warga Langkapura, Bandarlampung.

Sejumlah 8 perwakilan siswa bersama 2 guru pendamping Ch. Pujiati dan Dewi Kristiani serta pembina OSIS, Adi Nur Prasetyo. Selain itu, Kepala SMA Xaverius Bandarlampung, F. Joko Winarno juga turut serta menyalurkan langsung bantuan itu. Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni bersama 4 pendamping disabilitas Kemensos juga turut serta menemani.

Kepala SMA Xaverius Bandarlampung, F. Joko Winarno mengatakan dana yang dialokasikan untuk membeli kursi roda bersumber dari “Program Gerakan Seribu Rupiah” setiap hari Jumat. “Jadi siswa kami yang berjumlah 728 aktif menyalurkan uang seribu rupiah setiap hari Jumat, dan selama satu semester ini terkumpul sebesar Rp3 juta,” ungkapnya seusai menenani siswanya menyalurkan bantuan itu, Jumat sore, 06 Desember 2019.

Menurut F. Joko, selain “Program Gerakan Seribu Rupiah” SMA Xaverius juga memiliki “Aksi Rp500 setiap hari”. “Nah untuk aksi sosial ini, kami alokasikan untuk pendidikan, beasiswa bagi siswa yang tidak mampu,” jelas F. Joko.

Siswa-Siswi SMA Xaverius Bandarlampung bersama Dinas Sosial Provinsi Lampung saat menyalurkan bantuan kursi roda kepada penyandang disabilitas di Sukarame Bandarlampung, Kamis, 06 Desember 2019.

Menurut Kepala SMA Xaverius ini, dua gerakan sosial ini bertujuan untuk membentuk sikap empati sesuai dengan visi sekolah yang dipimpinnya. “Yakni menjadikan anak unggul dalam humanitas, kecerdasan, kejujuran, kedisiplinan dan pelayanan,” tambahnya.

Dikatakan F. Joko, ada dua nilai yang terkandung dalam aksi sosial ini. “Yaitu mengenai spiritualitas bersyukur atas apa yang ada, apa yang sudah dimiliki oleh siswa dan spiritualitas berbagi pada sesama yang membutuhkan,” lanjut F. Joko.

BACA JUGA:  Awasi Fintech, OJK Terapkan Supervisory Technology

F. Joko juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Sosial Provinsi Lampung yang telah memfasilitasi penyaluran bantuan siswa-siswinya. “Khusnya kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni yang telah bersedia mendampingi anak-anak menyalurkan bantuan tersebut,” tutupnya.

Sementara, salah satu perwakilan siswa, Caroline Callista mengaku sangat terenyuh saat bersama teman-temannya menyalurkan bantun tersebut.

“Ternyata di luar sana masih banyak ya Kak, yang membutuhkan uluran tangan kita,” jelasnya.

Caroline mengaku merasa semakin bersyukur pada Tuhan karena masih diberikan kesehatan dan termotivasi untuk lebih giat membantu sesama yang membutuhkan.

“Mari teman-teman, khususnya para pelajar yang lain untuk lebih lebih peduli kepada sesama,” ajak siswi SMA Xaverius Bandarlampung ini.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni merasa bangga dengan aksi sosial siswa-siswi SMA Xaverius Bandarlampung.

“Ini yang dinamakan ‘sekolah alam’ bagi para siswa. Jadi dengan begini, jiwa empati, kepedulian mereka kepada sesama akan semakin bertumbuh,” ucapnya.

Kadisos yang memiliki julukan “Panglima Tagana Lampung” ini berharap apa yang dilakukan siswa SMA Xaverius dapat memotivasi sekolah lainnya. “Mari sama-sama pupuk semangat gotong-royong. Dengan demikian akan banyak saudara-saudara kita di luar sana yang membutuhkan uluran tangan, dapat terbantu,” pungkasnya.

Ketua RT 003, Kelurahan Langkapura Bandarlampung mewakili keluarga yang dibantu menyampaikan terima kasih kepada pihak SMA Xaverius Bandarlampung dan Dinas Sosial Provinsi Lampung.

Sebagai informasi, selain dua unit kursi roda, siswa-siswi SMA Xaverius juga memberikan bantuan sembako pada keluarga penyandang disabilitas.***

Editor : Robert