Perkenalkan Koperasi pada Anak Usia Dini, KSP Kopdit Mekar Sai Gelar Lomba Mewarnai

0
146
Acara syukuran HUT KSP Kopdit Mekar Sai ke-28 di aula setempat, Jl. Ir Juanda No. 74, Pahoman, Bandarlampung, Senin, 27 Januari 2020.

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG – Pada momen hari ulang tahun (HUT) ke-28, KSP Kopdit Mekar Sai menggelar lomba mewarnai dan menggambar bagi anak-anak sekolah dasar (SD). Dengan tema besar “Menabung” menjadi salah satu cara koperasi kredit terbesar di Lampung ini memperkenalkan koperasi pada anak-anak usia dini. Acara berlangsung di aula Kopdit Mekar Sai, Jl. Ir Juanda No. 74, Pahoman, Bandarlampung, Senin, 27 Januari 2020.

Wakil Ketua Dewan Pengurus KSP Kopdit Mekar Sai Bidang Pendidikan, Dwi Septyo Prajarto, mengatakan generasi muda menjadi harapan keberlangsungan koperasi, khususnya di Lampung. ”Lomba mewanai dan menggambar ini baru pertama kali kami lakukan, tepat pada HUT Mekar Sai, karena ke depan koperasi ini, ada di tangan-tangan mereka untuk menjaga keberlangsungan kami,” kata Dwi Septyo Prajarto.

Menurut Dwi, peserta yang turut dalam lomba mewarnai ini dari sebelas sekolah dasar di Bandarlampung. “Ada 60 anak yang terlibat. Untuk kelas 1 SD mewarnai, sedangkan untuk kelas 2 dan 3 lomba menggambar,” kata Dwi.

Menabung, menurut Dwi, menjadi tema pada lomba mewarnai dan menggambar. “Tema ini kami ambil untuk memperkenalkan koperasi pada anak-anak pada usia dini. Kami mengajak mereka untuk menabung, menyisikan sebagian yang dimiliki untuk mempersiapkan masa depannya,” ungkapnya.

Dikatakan Dwi, anggota Kopdit Mekar Sai sampai saat ini masih didominasi usia 40 tahun ke atas. “Jadi bayangkan 15 atau 20 tahun kedepan jika koperasi kami tidak mengandeng anak-anak usia dini dan kaum millenial, koperasi akan diisi oleh kumpulan orang-orang jompo,” tegas Dwi.

Moto kami “Yang muda kita raih, yang tua jangan tinggalkan!”

Dwi membeberkan, usaha untuk menggandeng kaum millenial, Kopdit Mekar Sai juga mulai mengembangkan dan menggunakan layanan aplikasi digital. “Usaha ini kami lakukan juga untuk merubah paradigma yang menganggap koperasi itu jadul, sehingga harapanya koperasi mulai dilirik dan diisi anak-anak muda,” terang Dwi.

BACA JUGA:  Pabrik di Lampung Gunakan Gas Bumi PGN Gantikan Penggunaan Kayu Bakar

Ditambahkan Dwi, selama ini pihaknya juga rajin keliling kampus untuk mensosialisasikan Kopdit Mekar Sai kepada anak-anak muda. “Salah satu caranya dengan mengajak mereka berdiskusi dan ngobrol bareng dengan para mahasiswa. Kami rutin ke kampus-kampus, baik di Bandarlampung maupun di kabupaten,” tukasnya.

Sebagai informasi, per Januari 2020 ini anggota KSP Kopdit Mekar Sai telah mencapai 17.581 orang, dengan aset mencapai 681,3 miliar.***

Editor : Robert

Facebook Comments