Modernisasi Teknologi, Mekar Sai Siap Jadi Barometer Koperasi di Lampung

0
347
Ketua Pengurus Kopdit Mekar Sai, Haryono Daud. Foto : Robert

ALTUMNEWS.com, BANDARLAMPUNG — Perkembangan teknologi sangat diperlukan untuk mendorong berbagai aktivitas masyarakat. Koperasi sebagai salah satu pendukung ekonomi masyarakat pun harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital tersebut. Untuk itu, KSP Kopdit Mekar Sai Lampung, tengah gencar menerapkan modernisasi teknologi.

Ketua Pengurus Kopdit Mekar Sai, Haryono Daud mendorong agar Mekar Sai untuk menerapkan modernisasi teknologi yang transparan sekelas perbankan.“Modernisasi dan transparansi sangat penting supaya koperasi bisa tumbuh kembang dan bersaing di era digital,” katanya.

Modernisasi teknologi sebagai salah satu cara untuk memberikan pelayanan dan pengembangan ekonomi anggota. Modernisasi tersebut diharapkan bisa mendukung berbagai aktivitas dan fasilitas yang ditawarkan Mekar Sai.

“Mekar Sai harus siap, mekar sai harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, perbankan maupun dengan koperasi yang lainnya supaya apapun yang ditransaksikan di koperasi ini bisa juga di dilakukan diperbankan,” ungkanya. Hal itu diutarakan Haryono Daud pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-28 tahun buku 2019, di Swiss-Belhotel Lampung, Minggu 23 Februari 2020.

Dia menjelaskan, salah satu yang masih dikembangkan di Mekar Sai adalah “aplikasi sakti link”. Dengan aplikasi ini menurut Haryono Daud anggota mendapatkan seperti ; informasi saldo, transfer baik ke rekening, antar anggota, antar koperasi dan ke bank. “Selain itu dapat digunakan untuk pembelian pulsa hp dan paket data, pembelian token listrik dan pembayaran pln pasca bayaran, pembayaran BPJS dan Pembayaran transaksi di MitraKU,” ucapnya.

Walau demikian Haryono Daud berharap anggota KSP Kopdit Mekar Sai lebih aktif dan lebih peduli dalam proses digitalisasi.

“Kalau kita sudah menyediakan sakti link tapi penggunanya tidak ada maka tidak ada gunanya. Tahun ini kami mentargetkan jumlah user di atas 1000,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Perpusda Lampung Dikunjungi Anak-Anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Telukbetung 

Sebagaimana diketahui, mengusung tema RAT ke-28 KSP Kopdit Mekar Sai mengusung tema “Membangun Kolaborasi dan Strategi Koperasi di Era Digital”. Dihadiri oleh ratusan koordinasi unit, anggota, dan tamu undangan lainnya. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Dr. Agus Nompitu membuka langsung RAT ini.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, dr. Agus Nompitu mengatakan, di era digital ini reformasi koperasi sangat perlu dilakukan.

“Penguasaan teknologi perlu terus ditingkatkan karena salah satu tolak ukur di era digital ini adalah bagaimana terus bisa mengembangkan kemampuan dari anggota maupun pengurus dalam penguasaan teknologi,” ucap Kadis yang akrab disapa Dr. Gusnov ini.

Dr. Gusnov meminta pada KSP Kopdit Mekar Sai dapat menularkan apa yang dicapai pada koperasi lain. “Dan kami mendukung dan siap mendampingi peningkatan peran dari Mekar Sai. Bahkan kami berharap Koperasi Mekar Sai ini bisa menjadi contoh bagi koperasi-koperasi yang lain sehingga mengetok-tularkan juga, Mekar Sai mengajak, mengedukasi juga koperasi-koperasi lain sehingga bisa maju, sebagaimana kienerja yang telah dicapai Mekar Sai,” pungkas Dr. Gusnov.***

Editor : Robert

Facebook Comments