oleh

Vania Berlinda dan Aryodi Widiaswara Langsungkan Pernikahan Dalam Adat Minang

ALTUMNEWS.com, METRO — Minggu (22/11) menjadi hari bahagia bagi pasangan Vania Berlinda dan Aryodi Widiaswara. Setelah empat tahun berpacaran, pasangan muda ini akhirnya resmi menikah.

Keduanya melangsungkan prosesi akad nikah di Hotel Aidia Grande Metro, Jalan AR Prawiranegara No.99 Kauman. Prosesi itu berlangsung cukup khidmat dengan dihadiri oleh keluarga besar kedua mempelai saja.

Pada momen sakral tersebut, Vania dan Aryodi memutuskan untuk mengenakan busana adat Minang. Seperti diketahui, Vania memang memiliki darah keturunan Minang.

Dalam balutan kebaya berwarna merah marun, Vania terlihat begitu anggun dan menawan. Sementara Aryodi, terlihat begitu gagah dengan setelan merah marun busana khas Minang.

Hentakan gendang dan saluang mengiringi rombongan pengantin saat memasuki tempat acara. Dengan diantar keluarga, sang mempelai disambut tari Pasambahan, sebuah tari penghormatan dalam acara-acara besar di ranah Minang.

Menurut Endah Merajo, Ketua Kesenian Sanggar Ikatan Keluarga Iman Mengkudun (IKIM), pernikahan ini memang disetting dengan nuansa adat Minangkabau yang kental.

“Walaupun berasal daerah yang berbeda, dimana pihak pria berasal dari Lampung, sedangkan mempelai wanita dari Padang, tetapi kita tetap menggunakan adat Minang yang sama, sebab secara harfiah, tari Pasambahan ini merupakan kesenian Minang yang umum digunakan,” ujar Endah Merajo.

Dia menambahkan, walaupun perkembangan zaman telah maju, dimana arus teknologi mulai mengikis adat istiadat, kita jangan sampai lupa akan asal usul budaya. “Jika tidak terus dilestarikan, adat ini bisa hilang ditelan zaman,” pungkasnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed