oleh

Pupuk Rasa Kebersamaan, FKUB Lampung Gelar Muswil Ke-IV

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Lampung menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-IV di GSG Kantor wilayah Kemenag Lampung, Rabu (16/12/2020).

Wakil Ketua I FKUB Lampung, H Abd Azib Zanim mengatakan, Muswil FKUB bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan, silahturahmi persaudaraan pengurus FKUB dan tokoh serta pimpinan majelis lintas agama se-Provinsi Lampung.

“Selain itu Muswil ini juga untuk mengevaluasi program kerja dan kegiatan kerukunan umat beragama pada Tahun 2020, serta rencana kegiatan pada tahun 2021,” kata Azib Zanim.

Dengan muswil ini Azib Zanim berharap akan menghasilkan suatu rumusan yang dapat dijadikan bahan acuan bersama.

“Khususnya Pemerintah Daerah dan FKUB provinsi serta FKUB Kabupaten Kota untuk menjaga dan meningkatkan kerukunan di Provinsi Lampung sehingga Lampung akan selalu aman, damai, kondusif, “ tegasnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunadi dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Lampung Intizam menyambut baik diselenggarakannya Muswil IV FKUB.

“Kegiatan ini juga merupakan media yang baik bagi terjalinnya silahturahmi antar jajaran FKUB dan instansi terkait lainnya, sehingga dapat memperkokoh hubungan kerjasama secara timbal balik yang bersifat harmonis, baik sesama unsur organisasi maupun bersama para komponen masyarakat lainnya,” katanya.

Menurut Gubernur, FKUB sebagai bagian dari aset bangksa merupakan unsur kelembagaan masyarakat yang memiliki potensi strateris, terutama yang berkaitan pemantapan kerukunan umat beragama guna terjalinnya persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah masyarakat.

“Namun potensi yang dimiliki tersebut hendaknya tidak hanya mengemuka sebagai institusi kepengurusan semata, namun juga dapat dimaksimalkan di dalam kerangka kolektifitas organisasi, terutama di tengah kiprahnya dalam kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara serta lintas komunal,” katanya.

Pada kesempatan ini, Gubernur juga menyampaikan terima kasih atas kinerja segenap jajaran FKUB, yang telah meningkatkan peran aktifnya bersama Pemerintah Daerah dan berbagai unsur kelembagaan masyarakat lainnya.

“Sehingga terjaganya kondusifitas iklim sosial kemasyarakatan, untuk penyelenggaraan pembangunan yang dapat berjalan dengan baik menuju sasaran dalam rangka menuju Rakyat Lampung Berjaya,” tegasnya.

Gubernur mengajak kepada seluruh masyarakat untuk saling mendoakan, saling membantu dalam ketulusan, saling menghormati dan menghargai berbagai perbedaan.

“Dengan situasi yang aman dan kondusif tersebut, roda pemerintahan dan pembangunan dapat berjalan dengan optimal, terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, sehingga masyarakat dapat menikmati hasil dari pembangunan yang dilaksanakan pemerintah,” tutupnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed