oleh

Libatkan TTI, Jelang Nataru, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung Gelar Pasar Murah di Air Naningan Tanggamus

ALTUMNEWS.Com, TANGGAMUS — Dalam rangka pelaksanaan Hari Besar Keagamaan Nasioanal (HBKN) jelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung mengelar pasar murah di Pekon Way Harong dan Pekon Sinar Sekampung Kecamatan Air Naningan, Tanggamus.

“Dalam rangka untuk memastikan ketersediaan, distribusi dan stabilisasi harga pangan di daerah khususnya di tengah kondisi penyebaran Covid-19 dan menghadapi HBKN diperlukan langkah-langkah cepat, tepat fokus, terpadu dan sinergis,” kata Kadis Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung, Ir. Kusnardi, M.Agr.Ec., melalui Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Ir. Bani Ispriyanto, Kamis (17/12).

Menurut Bani, mencermati kondisi harga bawang merah, cabe, telur, dan gula pasir saat ini maka Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung mengadakan gelar pangan murah mulai hari ini.

“Khusus untuk menekan harga telur, cabe merah, bawang merah, minyak goreng yang mengalami kenaikan harga di pasaran,” tegas Bani.
Bani mengatakan pada gelar pangan murah ini juga tersedia beras, daging ayam dan daging sapi beku dengan harga di bawah harga pasar dengan kualitas yang terjamin.

“Saya harap juga dengan adanya TTI di lingkungan kita dapat meredam fluktuasi harga yang biasanya tinggi menjelang hari besar keagamaan seperti Natal dan Tahun Baru, sehingga kita bisa langsung upayakan stabilisasi harga. Dengan hadirnya TTI juga dapat membantu masyarakat mendapat bahan pangan dengan harga terjangkau serta mutu yang terjamin,” jelas Bani.

Dia menambahkan, mengingat masih dalam kondisi pandemi, maka pelaksaaan gelar pangan murah kali ini sedikit berbeda dari biasanya.
“Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung melaksanakan dengan melibatkan TTI dengan harapan dapat mengurangi kerumunan dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelas Bani.

BACA JUGA:  PLN Siap Pasok Daya Andal ke Pabrik Baterai Mobil Listrik Pertama di Asia Tenggara

Bani menambahkan, pelaksanaan gelar pasar murah ini merupakan bagian dari upaya Pemprov Lampung untuk memberikan jaminan masyarakat mendapatkan akses pangan yang murah, terjangkau dan bermutu menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Untuk diketahui, pemerintah memberikan subsidi harga pangan pada beberapa produk bahan pangan yaitu bawang merah setengah kilogram, cabe merah seperempat kilogram, minyak goreng, telur ayam 1 kilogram dan gula pasir 1 kilogram hanya dengan Rp.50.000 sebanyak 897 paket yang terbagi di dua tempat.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed