oleh

Ketua LLI Lampung Sumarju Saeni Berbagi Tips Lansia agar Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Covid-19 saat ini tengah menjadi pandemi, dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Namun, covid-19 diketahui lebih berisiko menyerang orang-orang dengan kelompok usia rentan, salah satunya lansia. Terlebih, jika orang tersebut mempunyai penyakit penyerta atau komorbid, seperti diabetes, stroke, jantung, dan obesitas.

Ketua Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Provinsi Lampung Sumarju Saeni menyarankan, agar lansia melakukan aktivitas fisik. Sebab itu merupakan langkah tepat bagi lansia di masa pandemi saat ini.

“Mulai dari manfaat berolahraga bagi lansia, prinsip olahraga yang aman bagi lansia, tentu memilihh jenis olahraga yang dapat dilakukan lansia di rumah selama pandemi covid-19,” ujar Sumarju Saeni saat berbincang dengan Altumnews.com, Kamis (11/02/2021).

Menurutnya, beberapa olahraga yang bisa dilakukan oleh lansia di antaranya adalah aerobik, latihan menguatkan otot, latihan fleksibilitas, dan latihan keseimbangan.

Akan tetapi, dalam melakukan olahraga sebaiknya lansia juga melakukan beberapa perhatian. Seperti punya riwayat penyakit sendi.

“Hati-hati bagi yang memiliki penyakit sendi, jantung, paru, darah tinggi, penyakit gula, dll, maka dosis olahraga berbeda dan harus disesuaikan dengan penyakit penyerta tersebut,” ujarnya.

Sumarju menyarankan untuk selalu menerapkan 3 M dalam kegiatan sehari-hari termasuk saat berolahraga.

“Jaga jarak, dan gunakan masker saat melakukan olahraga di halaman rumah, setelah olahraga harus cuci tangan,” tutup Ketua LLI Provinsi Lampung masa bakti 2020–2025.***

Editor : Robertus Bejo

BACA JUGA:  PT KAI Divre IV Tanjungkarang Gelar Simulasi Penanganan

Komentar

News Feed