oleh

Parisada Hindu Dharma Lampung : Tingkatkan Toleransi Beragama Jadi Makna Hari Raya Galungan dan Kuningan

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG – Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Lampung mengharapkan umat Hindu di Bumi Ruwa Jurai menjaga dan meningkatkan nilai toleransi antarumat beragama di tengah kemajemukan, dalam memaknai Hari Raya Galungan dan Kuningan. Apalagi perayaan kedua hari raya besar bagi umat Hindu tahun ini, bertepatan saat saudara umat Muslim tengah melaksanan ibadah puasa.

“Hari Raya Kuningan ini hendaknya dijadikan momentum untuk tetap menjaga toleransi dan rasa saling menghargai antar umat beragama. Kebetulan saat bersamaan juga saudara kita umat muslim menjalankan ibadah puasa, sehingga umat hindu harus menghormati, sehingga toleransi tetap terjaga dengan baik,” kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Lampung, Ketut Pasek di Bandarlampung kepada Altumnews.com, Rabu (14/4/2021).

Ia menjelaskan, sebagai umat beragama, manusia tidak bisa hidup sendiri dan selalu berdampingan dengan umat lainnya. Di tengah kondisi itu, umat diharapkan untuk saling menghargai satu sama lain, terlebih di saat perayaan yang bertepatan dengan bulan puasa saudara umat muslim.

Ketua PHDI Provinsi Lampung ini meminta umat hindu tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 dalam menjalankan ibadah keagamaan.

“Kemudian berdoa agar bencana ini dapat selesai, sehingga kehidupan dapat normal kembali untuk ikut berpartisipasi dalam program Pemerintah Provinsi Lampung,” pungkasnya.***

Editor : Robertus Bejo

BACA JUGA:  Sumarju Membuka Bimtek Pengurus  Karang Taruna Kabupaten/Kota se Lampung

Komentar

News Feed