oleh

Pendaki Hilang di Gunung Tanggamus Ditemukan Selamat

ALTUMNEWS.Com, TANGGAMUS – Basarnas Lampung dan tim gabungan berhasil menemukan pendaki Gunung Tanggamus yang dilaporkan hilang, Kamis (01/07). Tasya Putri Damayanti (16) pendaki gunung dari Bandarlampung ditemukan selamat.

“Ya benar, sudah ditemukan,” kata Humas Basarnas Lampung Deni Kurniawan saat dihubungi Altumnews.com, Kamis (01/7/2021).

Kronologis kejadian

Koordinator POS SAR Tanggamus Hendra Wahyu menjelaskan kejadian berawal dari Rabu (30/06) sore pukul 15.00 WIB. Korban bersama rombongan berjumlah 5 orang mendaki Gunung Tanggamus. Di tengah perjalanan korban kelelahan dan memutuskan untuk berhenti, sedangkan 4 orang lainnya melanjutkan perjalanan ke puncak.

“Setelah rombongan kembali, korban tidak ditemui di lokasi terakhir. Akhirnya mereka mencoba mencari di posko awal pendakian namun korban tidak diketemukan,” jelas Hendra kepada Altumnews.com via telepon seluler, Kamis (01/7/2021).

Informasi dari pengelola rombongan tidak mendaki melalui jalur resmi karena status Gunung Tanggamus masih ditutup. Kemudian pukul 23.30 WIB, Caul warga setempat melaporkan kejadian ini ke Basarnas Lampung.

Basarnas Lampung langsung mengerahkan personil yang berada di Pos SAR Tanggamus untuk segera ke lokasi melaksanakan operasi SAR.

Kamis (01/07) pukul 00.35 WIB tim tiba di Posko Gisting Pendakian Gunung Tanggamus untuk berkoordinasi dengan unsur yang sudah berada di lokasi.

“Selanjutnya tim SAR gabungan melakukan penyisiran sesuai jalur pendakian sampai dengan campground 2. Di Posko tim juga berkoordinasi dengan rombongan yang selamat perihal kondisi korban,” terang Hendra.

Rombongan menemukan baju flanel yang digunakan korban saat di pos 3. Pukul 03.30 WIB tim SAR Gabungan tiba di Campground 2 dan pencarian masih nihil.

“Pukul 06.30 WIB, Tim SAR Gabungan melaksanakan briefing pencarian, Tim dibagi menjadi 3 regu dengan pola pencarian tracking mode sejauh ±3 KM ke arah Puncak Gunung Tanggamus dimulai dari Pos Sonokeling 2 sesuai dengan RenOps H.2,” tambahnya.

BACA JUGA:  Terseret Ombak di Pantai Ketang, Dwi Santoso Masih Dalam Pencarian Tim SAR Gabungan

Dijelaskan Hendra, pukul 06.39 WIB menerima informasi dari Dantim bahwa korban telah ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim SAR Gabungan.

“Titik Koordinat penemuan 5°25’20.0496″ S-104°41’46.662″ E, Jarak 1.75 Km radial 88.84° arah Timur dari LKP. Selanjutnya korban dievakuasi ke posko utama,” pungkasnya.***

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed