oleh

Lima Keturunan Masyarakat Adat Bandar Dewa Minta Warganya Dibebaskan

ALTUMNEWS.Com, TULANG BAWANG BARAT – Koodinator massa Lima Keturunan Masyarakat Adat Bandar Dewa, Amriwan Taslim meminta pihak kepolisian melepaskan salah satu warganya yang bernama Aminsyah, atas laporan PT Hima Indah Mekar (HIM).

Akibat kejadian tersebut, terjadi gesekan antara warga dan satpam perkebunan di pintu masuk perkebunan PT HIM, Tiyuh Penumangan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangbawang Barat, Rabu (2/3/2022).

Amriwan Taslim meminta agar penangkapan Amirsyah bisa dievaluasi terlebih dahulu, karena menurutnya penangkapan itu ada unsur pemaksaan.

“Seharusnya, ketika akan melakukan penangkapan itu sesuai dengan aturan Kapolri ataupun sesuai dengan aturan SOP Kepolisian. Maka kami akan mengantarkan saudara kami kesana dan bila perlu kami akan menggunakan pendampingan hukum,” ujarnya saat diwawancarai awak media.

“Kita sudah melakukan negosasi ini kepada pihak kepolisian yang ada di sini tadi, Brimob dan Reskrim. Artinya, kami meminta supaya aminsyah dikembalikan dulu ketika memang harus dipanggil sesuai dengan SOP aturan-aturan baik itu dari Kepolisian dan yang lain-lain,” katanya.

“Kita tunduk dan taat pada aturan, kita meminta kepada wakil rakyat agar bisa menjembatani antara kita masyarakat dan PT HIM untuk mencari win-win solution yang terbaik,” pungkasnya.

Untuk di ketahui, penangkapan terhadap Aminsyah, anggota dari tim Lima Keturunan Masyarakat Adat Bandar Dewa berdasarkan laporan dari pihak PT HIM atas pengerusakan terhadap tanam tumbuh pohon karet.

Diberitakan sebelumnya, warga Lima Keturunan Bandar Dewa telah menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi 1 DPRD Tubaba, beberapa waktu lalu bersama sejumlah pihak terkait, termasuk PT HIM.

Dalam RDP itu, DPRD mengeluarkan rekomendasi bahwa Pemda setempat melalui tim gugus tugas reforma agraria, diminta untuk memfasilitasi ukur ulang lahan. namun sayangnya, sampai saat ini rekomendasi ukur ulang tersebut, tak kunjung dijalankan.***

BACA JUGA:  Perkuat Kontribusi Kalangan Muda ke Masyarakat, XLFL Gelar Pelatihan untuk Organisasi Mahasiswa dan Pengelola Start-Up

Editor : Robertus Bejo

Komentar

News Feed