oleh

Audensi dengan PTA Bandar Lampung, Gubernur Arinal Berharap Dapat Bekerjasama Memberikan Pelayanan Publik

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, menyambut baik dan mengapresiasi atas kerjasama dan kinerja yang dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Bandar Lampung.

Pernyataan tersebut dikatakan Gubernurn Lampung Arinal ketika menerima audensi dengan Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, di Mahan Agung, Rabu (06/04/2022).

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Arinal berharap dapat bekerjasama dengan baik dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Selain itu, Gubernur juga menyinggung terkait banyaknya kasus-kasus pernikahan di luar pengadilan (siri) dan pernikahan lebih dari satu istri terutama di wilayah pedesaan, Gubernur meminta perhatian khusus.

“Selain tidak adanya kekuatan hukum pada ibu dan anaknya, hal tersebut juga dapat memberikan dampak buruk terhadap masyarakat, ” kata Arinal.

Untuk mengatasi hal tersebut Gubernur Arinal meminta agar dibuat tim terpadu, antara Dinas Dukcapil, Biro kesra, Biro Hukum, dan Pengadilan Tinggi Agama untuk melakukan penyuluhan dan upaya-upaya lainnya untuk mengatasi.

Hadir juga dalam kesempatan itu Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Ahmad Fathoni, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh, Karo Kesra, dan Karo Hukum Provinsi Lampung.

Sementara Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Pelmizar, menyampaikan audensi tersebut menjadi ajang memperkenalkan diri, karena dirinya baru saja dilantik 8 Februari 2022 lalu, sebelumnya bertugas di Jambi.

Pelmizar, menegaskan komitmen siap bertugas di Lampung mendampingi Kepala Daerah memberikan pelayanan publik, terutama sesuai bidang tugas yang diamanatkan.

Yakni yang berkaitan dengan perkara-perkara ditingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam dibidang perkawinan, kewarisan, wasiat dan hibah yang dilakukan berdasarkan hukum Islam, serta wakaf dan shadaqah.

Selain itu Kepala Pengadilan Agama juga menginformasikan kepada Gubernur, bahwa Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung telah menerima predikat wilayah bebas dari korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada desember 2021 lalu, “harapannya tahun ini akan memperoleh predikan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), ” kata Pelmizar.***

BACA JUGA:  Open Forum, Lokakarya dan RAT Inkopdit Tahun Buku 2018 di Bali Mulai Digelar

Komentar

News Feed