oleh

Peringati Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2022, Ketua PMI Provinsi Lampung Nobatkan Duta Donor Darah Lampung

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, menghadiri Peringatan Hari Donor Darah Sedunia (HDSS) Tahun 2022, di UTD PMI Provinsi Lampung Tanjung Karang Barat, Selasa (14/6).

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam sambutannya yang disampaikan oleh Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas peran masyarakat yang sangat besar sebagai penyedia darah yang berkelanjutan.

Pemerintah juga diharapkan untuk dapat meningkatkan komitmennya dalam mencukupi kebutuhan darah dan produk darah yang aman, berkualitas dan berkelanjutan yang berasal dari 100% penyumbang darah sukarela.

“Melalui semangat solidaritas dan kebersamaan inilah para pedonor darah sukarela, sebagai bagian dari penyebaran nilai aksi kemanusiaan sekaligus nilai-nilai kepalangmerahan untuk terus membantu sesama tanpa membedakan suku, bangsa, agama dan ras,” ujar Jusuf Kalla.

PMI juga mengajak semua komponen masyarakat, khususnya kaum muda milenial, untuk menjadi pelopor donor darah sukarela (DDS).

“Kepercayaan yang besar dari masyarakat tersebut, menjadi pemicu PMI untuk terus meningkatkan pelayanan Unit Donor Darahnya, dan terus berupaya menyediakan darah yang aman, cukup, terjangkau, berkualitas dan berkelanjutan menjadi hal prioritas bagi PMI secara Nasional,” imbuh Jusuf Kalla dalam sambutan yang dibacakan Ketua PMI Provinsi Lampung.
.
Di kesempatan tersebut, Ketua PMI Provinsi Lampung memberi penghargaan bagi instansi pemerintah, TNI/Polri dan kalangan dunia usaha serta organisasi yang aktif dan terbanyak melaksanakan donor darah serta memberi paket makanan sehat kepada sejumlah anak-anak SD di Bandarlampung.

Intansi terbaik, terbanyak dan rutin dalam melaksanakan donor darah yaitu; 1. Lanal Lampung, 2. Korem 043/Gatam, 3. Polda Lampung.

Sementara itu, kalangan dunia usaha dan organisasi yang terbaik dan aktif dalam melaksanakan donor darah yaitu; Swisbell Hotel, Simpur Center, PT. Sumber Indah Perkasa dan PSMTI Pesawaran.

BACA JUGA:  Hilang Saat Mancing di Sungai, Tim SAR Gabungan Temukan Nelayan Dente Teladas Meninggal

PMI Lampung juga menobatkan tiga orang Duta Donor Darah Lampung yaitu; Rusman Hariadi, MSi, dosen Unila. Deddy Sulaimawan, juga dosen yang telah 51 kali donor darah dan Si Widya Hartati, mahasiswi Unila aktif di PMR Unila.

Deddy Sulaimawan saat berbincang dengan Altumnews mulai mendonorkan darah sejak SMA. Menurutnya donor darah memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

“Saya jarang sakit, badan jadi sehat, pikiran bersih, hidup menjadi tenang aman dan nyaman. Karena pada dasarnya donor darah memiliki banyak manfaat karena badan menghasilkan darah baru kembali,” kata pria yang dikenal dengan @travelbydeddy_.

Deddy berharap pada kaum muda untuk mulai mengikuti donor darah dan tidak takut karena tidak memiliki dampak negatif.

“Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darah, PMI sekarang buka 24 jam sehingga mempermudah. Nantinya ada pemeriksanaan kesehatan yang meliputi HB, tensi darah, berat badan.”

“Melalui pemeriksaan darah yang ketat tiap orang akan mengalami perasaan yang beda beda mungkin ada yang takut, nyaman atau biasa saja,” tandas Deddy.***

Komentar

News Feed