oleh

CCED Universitas Lampung Gelar Semnas Entrepreneur Series 2 Usung Tema Mental Blocking

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Center for Career and Entrepreneurship Development (CCED) Universitas Lampung (Unila) menggelar Seminar Kewirausahaan bertajuk Entrepreneur Series kedua bagi para mahasiswa penerima bantuan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tahun 2022, Rabu, 20 Juli 2022.

Seminar yang mengusung tema mental blocking ini diselenggarakan di Auditorium Prof. Abdulkadir Muhammad Fakultas Hukum (FH) Unila dan dibuka resmi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. Yulianto, M.S.

Kepala CCED Unila Albet Maydiantoro, S.Pd., M.Pd., mengatakan, Entrepreneur Series merupakan bagian rangkaian agenda CCED dalam menjalankan amanahnya mengelola dan mempersiapkan calon lulusan Unila menjadi seorang wirausahawan.

Untuk mencapai hal tersebut CCED mencoba membangun sinergitas dalam pengelolaan kewirausahaan mahasiswa dengan pusat Mata Kuliah Umum (MKU) di LP3M, khususnya dengan para dosen mata kuliah kewirausahaan.

Selain ide bisnis, luaran yang diharapkan adalah mahasiswa bisa membuat proposal bisnis sendiri dan mengikuti program-program kewirausahaan yang dikelola Tim Pengelola Prestasi Mahasiswa (TP2M) Unila semisal PMW, PKM Kewirausahaan, dan Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI).

Selanjutnya, mahasiswa yang lolos akan mendapatkan pembinaan langsung dari CCED yang telah menggandeng sejumlah mentor terpilih. Para mentor tersebut akan melakukan mentoring kepada mahasiswa sesuai bidang usaha.

“Ini satu jalan yang mudah-mudahan akan memberi manfaat bagi anda untuk menjadi wirausahawan sukses di masa depan,” ujarnya.

Albet melanjutkan Entrepreneur Series akan berlanjut di seri ketiga dan keempat. CCED Unila juga berencana membuat satu event bertajuk Unila Entepreneurship Expo dimana mahasiswa yang mendapatkan mentoring berkesempatan memamerkan produk-produknya.

Dalam acara ini juga akan diselenggarakan kompetisi untuk memberikan penghargaan kepada wirausahawan terbaik berdasarkan jenis usaha.

Pelaksanaan kegiatan kewirausahaan mahasiswa di Unila saat ini sangat ditekankan. Menurut Prof. Yulianto, menjadi seorang wirausahawan adalah salah satu pilihan karier yang dapat dipilih di tengah ketatnya persaingan dunia kerja.

BACA JUGA:  Open Forum di Bali, Mr. Ranjith Hettiarachch Mengajak Untuk Menghidupkan Kembali Nilai-Nilai Raeffeisen

Pembinaan kewirausahaan mahasiswa Unila pada tahun ini akan lebih ditertibkan lagi. Akan ada kesinambungan dalam tahap proses pembinaan dan mahasiswa mendapatkan pembinaan dari CCED Unila baik melalui kegiatan inkubator bisnis maupun pertemuan atau prakarya.

“Hasil yang diharapkan, mahasiswa bisa membuka usaha yang sudah siap,” kata Prof. Yulianto.

Panitia pada kegiatan ini menghadirkan dua praktisi sebagai narasumber yang membahas mental blocking. Keduanya yakni Founder PT Berkah Bersama Ojesa Rani Mussoddah, S.Sos.i., dan Pendiri Melte Vanana/Vanana Jaya Sinergi CV Karvien, S.T.P.

Dimoderatori Ferry Hardani, S.E., dari CCED Unila, keduanya membahas strategi jitu menjadi seorang pengusaha antibaper dan bagaimana menghadapi jatuh bangunnya bisnis.***

Komentar

News Feed