oleh

Teknik Elektro Unila Gelar Kuliah Umum Nasional: Aplikasi Teknik Kendali dan Internet of Things dalam Kehidupan Sehari-hari

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Jurusan Teknik Elektro Universitas Lampung (Unila) menggelar Kuliah Umum Nasional bertajuk “Aplikasi Teknik Kendali dan Internet of Things dalam Kehidupan Sehari-hari.

Kegiatan yang digelar hibrid dalam rangka membuka wawasan teknologi mutakhir ini dilaksanakan di ruang Aula lantai dua Gedung A Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung, Selasa, 2 Agustus 2022.

Kuliah umum menghadirkan Guru Besar Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura Prof. Dr. Ing. Seno D. Panjaitan, I.P.M., selaku narasumber yang dimoderatori Ketua Prodi Magister Teknik Elektro Misfa Susanto, S.T., M.Sc., Ph.D.

Acara dibuka dengan sambutan Dekan bidang Akademik dan Kerjasama Dr. Muhammad Irsyad, S.T., M.T., mewakili Dekan Fakultas Teknik Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc. Kegiatan diikuti 50 peserta luring dan 130 peserta daring.

Dalam sambutan dan pengantarnya, Dr. Muhammad Irsyad menekankan pentingnya pengaplikasian teknologi mutakhir khususnya teknik kendali otomasi dengan dukungan teknologi Internet of Things (IoT) terintegrasi untuk menunjang kebutuhan dan tuntutan kehidupan saat ini dan masa depan.

Ia juga berharap, kuliah umum nasional ini dapat meningkatkan pemahaman dan mengedukasi masyarakat luas tentang kemajuan teknologi kendali otomatis yang terintegrasi dengan teknologi IoT pada aplikasi nyata kehidupan sehari-hari.

Sementara Prof. Seno memaparkan mengenai konsep dasar sistem kendali Open Loop (berbasis waktu) dan Feedback Control/Closed-Loop System (dinamis). Teknologi kendali dan IoT merupakan salah satu teknologi mutakhir yang mendasari aplikasi-aplikasi teknologi maju masa depan.

Ia juga menyampaikan, konsep dasar sistem Internet of Things secara umum tersusun atas tiga bagian utama meliputi sensor, konektivitas, dan pengelola data.

Sebagai contoh penerapan teknologi kendali dan IoT ada pada beberapa aplikasi seperti Festo Modular Production System, sistem antipenculikan anak sekolah, Telemonitoring biogas, Mobile power and energy monitoring system, sistem micro-grid, sistem peringatan banjir, drone pertanian, dan sistem kendali pencahayaan ruangan.

BACA JUGA:  Peringati Hari Musik Nasional, Ansambel Musik Fermata Gelar Konser Tanah Airku Indonesia

Peserta kuliah umum nasional sangat antusias terhadap materi yang diangkat sehingga pada sesi tanya jawab muncul diskusi terkait potensi model bisnis yang dapat dihadirkan dari pengaplikasian teknologi ini sekaligus potensi penerapan teknik kendali dan IoT pada sistem isi ulang daya mobil listrik.

Kuliah umum juga menjadi tantangan yang dapat menjadi bahan riset bersama berupa pendekatan terhadap nilai waktu tunda (delay) yang harus diminimalisir lebih rendah dari orde mikrodetik untuk mencapai sistem kendali terintegrasi IoT real-time yang andal.

Selain dekan fakultas teknik dan jajaran, kegiatan dihadiri direktur Pascasarjana Unila, ketua dan sekretaris Jurusan Teknik Elektro, ketua Prodi Teknik Elektro beserta dosen, staf tenaga kependidikan, dan mahasiswa.***

Komentar

News Feed