V. Saptarini Kembali Nahkodai Forum CSR Lampung

ALTUMNEWS.Com, BANDAR LAMPUNG — V. Saptarini sebagai terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Forum Corporate Social Reaponsibility (CSR) Lampung masa kepengurusan 2022-2027 dalam Musda ke-2 di Hotel Sheraton Bandar Lampung, Kamis (17/11/2022).

Musda ke 2 Forum CSR Lampung diawali dengan Seminar hasil kolaborasi dengan Forum Perumahan dan Kawasan Pemukiman yang berada di bawah koordinasi Bappeda.

Tema yang diusung adalah Strategi Sinergi Peogram CSR di bidang pengembangan kawasan pemukiman dan penanggulangan kemiskinan ekstrim yang mendukung pencapaian bisnis dan tujuan pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Ali Darwin Ak.,M.Sc., Inisiator laporan Keberlanjutan di Indonesia sekaligus ketua NCSR (National Center for Sustainability Reporting) Jakarta dan Ir. Ahmad Lianurzen, MT Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Provinsi Lampung.

Kegiatan yang direncanakan dihadiri 100 undangan ini, dipadati hingga 150 peserta.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr. Ali Darwin Ak.,M.Sc., Inisiator laporan Keberlanjutan di Indonesia sekaligus ketua NCSR (National Center for Sustainability Reporting) Jakarta dan Ir. Ahmad Lianurzen, MT Kepala Bidang Perencanaan Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Provinsi Lampung.

Antusiasme ini menunjukkan makin meningkatnya kepedulian terhadap isu Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan apresiasi kepada perusahaan yang melaksanakan program CSR dan menyampaikan laporannya kepada Forum CSR Lampung.

Sejak tahun 2016 bersama dengan Pemerintah Provinsi Lampung, FCL menyelenggarakan Lampung Sustainability award yang diikuti oleh perusahaan Swasta, BUMN, BUMD, lembaga pemerintah dan UKM. Sempat terhenti pada tahun 2019, tahun 2021 FCL kembali memberikan apresiasi pada perusahaan yang menyampaikan laporan CSR. Tahun 2022 ini apresiasi disampaikan bersamaan dengan MUSDA FCL tahun 2022.

Saptarini terpilih secara aklamasi setelah sidang Musda ke-2 yang dipimpin oleh Satria dari Pengurus Forum CSR Nasional.

Sidang juga memutuskan memberi tenggat waktu sebulan untuk formatur yang dipimpin Saptarini untuk menyusun kepengurusan masa bakti 2022-2027. Formatur beranggotakan sembilan anggota dari unsur badan usaha dan BUMN.

BACA JUGA:  Sambangi Ketua DPRD Lampung, Pemuda Katolik Siap Bermitra Lawan Paham Radikal

Forum CSR Lampung selama ini diketuai V.Saptarini. Perempuan kelahiran Semarang ini adalah Founder Saptaconsultant dan Yayasan Langit Sapta.

Dia juga Ketua Pusat Studi CSR Universitas Bandar Lampung. Aktif dalam berbagai organisasi terkait CSR dan sustainability, Rin, sapaan akrabnya, masuk dalam jajaran Dewan Pengurus Forum CSR Nasional, Dewan Pengurus Institute of Certified Sustainability Practitioners (ICSP), organisasi nasional untuk para praktisi keberlanjutan.

Beberapa tahun terakhir ini dia juga dipercaya sebagai tim juri ASRRAT (Asia Sustainability Reporting Rating). Rini juga dikenal sebagai arbiter listing Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang dipercaya untuk memutus sengketa bisnis antar pelaku usaha, termasuk BUMN dan BUMD.***

Komentar