Liburan Natal dan Tahun Baru 2023 Trafik Data XL Axiata Naik 50%

ALTUMNEWS.Com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil mengawal dan melayani lonjakan kebutuhan data pelanggan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Dari monitoring antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata trafik layanan pada periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 8% dibandingkan hari normal dan 29% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya. Sedangkan puncak kenaikan trafik layanan terjadi pada malam tahun baru yang mencapai 50% dibandingkan kondisi hari normal. Seperti yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi lonjakan kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy, yaitu percakapan (voice) hanya mengalami kenaikan sebesar 2% dan SMS sebesar 5% dibandingkan hari biasa.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan,”Jauh-jauh hari kami di XL Axiata telah menyiapkan jaringan untuk melayani dan menjaga kenyamanan pelanggan selama libur panjang Natal dan Tahun Baru 2023. Ini menjadi komitmen XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan sepanjang libur panjang akhir tahun 2022, termasuk perayaan Natal dan pergantian tahun baru. Dan seperti yang kami prediksikan sebelumnya, ada kenaikan trafik data yang signifikan mengingat terjadi mobilitas masyarakat di berbagai wilayah untuk merayakan dan menikmati liburan Natal dan Tahun Baru ditengah situasi pandemi yang sudah semakin terkendali sehingga masyarakat bebas untuk bepergian ke mana pun.”

Gede melanjutkan, XL Axiata juga bersyukur selama periode liburan tersebut jaringan kami tetap prima, tidak mengalami gangguan yang berarti karena sebelumnya XL Axiata sudah melakukan sejumlah langkah antisipatif. Di antaranya adalah berupa peningkatan kapasitas hingga 2x lipat, pengerahan mobile BTS (MBTS), menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

BACA JUGA:  Optimis Penggunaan Layanan Data Meningkat, XL Axiata Terus Perkuat Jaringan Data di Sumatera

Data XL Axiata juga menunjukkan tingginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Meski tak ada pembatasan perjalanan lagi, trafik data di area pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya tetap menunjukkan kenaikan sekitar 8% dibandingkan hari normal. Kota dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Garut, naik 29%, lalu Kabupaten Cianjur, naik 26%, Kabupaten Bogor, 24%.

Berdasarkan provinsi, kenaikan trafik tertinggi terjadi di provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY dengan kenaikan hingga 22%, selanjutnya provinsi Bali, NTT, NTB sebesar 21% dan berikutnya propinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah 19%. Area tujuan wisata popular juga mengalami kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Di Bali, trafik data naik hingga 21% dibandingkan hari normal. Di alun alun Solo naik hingga 90%, Lombok naik 25%.

Jumlah pelanggan XL Axiata yang keluar negeri memanfaatkan program-program XL Axiata selama liburan Nataru mencapai sekitar 300 ribu pelanggan. Negara yang paling banyak dikunjungi Malaysia, Kamboja dan Singapura.

Streaming mendominasi

Dari keseluruhan trafik layanan data selama periode Natal dan tahun baru, didominasi oleh trafik dari layanan atau aktifitas streaming, disusul File access, Game serta web browsing. Untuk trafik layanan streaming mengalami peningkatan sebesar 25% dibandingkan trafik pada hari normal, sementara trafik game meningkat sebesar 35% dan web browsing sebesar 30%.

Khusus sejumlah platform media sosial populer, trafik Facebook meningkat sebesar 9% dari hari normal, Twitter 6%, Instagram 19%. Pada layanan berbagi video, trafik pada YouTube meningkat 24%, Tiktok 22%. Pada layanan penyampai pesan, trafik WhatsApp naik 39% dan Telegram 737%.

Selanjutnya, untuk trafik streaming musik, layanan Spotify naik 3%, Joox naik 2%. Untuk gim, trafik tertinggi ada pada Mobile Legends sebesar 35% dari hari normal. Lalu Free Fire, naik 78%. Pada layanan streaming film, trafik ke Netflix naik 70% dibandingkan hari normal, Disney+ 36%, Vidio 5%, WeTV 55%, dan Amazon Prime Video 61%. Dan seperti biasanya selama masa libur Panjang, trafik ke layanan peta juga meningkat. Google Maps meningkat sebesar 42%, Waze GPS meningkat sebesar 40% dan Apple Map sebesar 21%.

BACA JUGA:  Kereta Api Kuala Stabas Lintas Tanjungkarang-Baruraja Beroperasi Awal September

XL Axiata juga terus meningkatkan cakupan layanan dan kualitas jaringan data. Pembangunan untuk perluasan dan peningkatan kualitas infrastruktur jaringan, baik penambahan BTS 4G dan juga fiberisasi terus dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia. Di mana, hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah melayani lebih dari 57 juta pelanggan dengan jangkauan layanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia, dengan didukung lebih dari 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di Kepulauan Indonesia yang sangat luas.

Keberadaan jaringan data yang berkualitas ini berperan mendukung proses digitalisasi di berbagai bidang, sekaligus mempermudah masyarakat luas dalam meningkatkan literasi digital. Di awal Desember 2022, kualitas jaringan data XL Axiata juga berhasil meraih pengakuan dari lembaga survey independent terkemuka OpenSignal. XL Axiata dinyatakan sebagai yang terbaik di antara para operator Indonesia untuk empat kategori, yaitu pengalaman kecepatan unduh, pengalaman video, pengalaman gim, dan pengalaman aplikasi suara.***