Gubernur Arinal Djunaidi Dampingi Menteri Perdagangan RI Buka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan Di Provinsi Lampung

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Gubernur Arinal Djunaidi menghadiri Rapat Kerja Kementerian Perdagangan RI dengan tema “Transformasi Perdagangan Mendukung Pembangunan Ekonomi Bernilai Tambah dan Berkelanjutan”, di Hotel Novotel, Rabu (01/03/2023).

Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto menjelaskan, Raker Kemendag 2023 diselenggarakan guna menyinergikan program Kementerian Perdagangan dengan para pemangku kepentingan dalam rangka mendukung percepatan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan melalui penguatan konsumsi dalam negeri dan percepatan peningkatan ekspor non komoditas, sehingga dihasilkan rumusan indikator kinerja utama dan output strategis bidang perdagangan sebagai bahan masukan dalam menyusun perencanaan kerja pemerintah tahun 2024.

Dalam Raker yang dibuka langsung oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan ini, Kemendag juga mengundang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir secara virtual untuk memberikan arahan terkait strategi pemerintah dalam mendukung ekonomi berkelanjutan.

Kemudian Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa untuk memberikan masukan tentang arah kebijakan rencana kerja pemerintah tahun 2024 serta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk membedah proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2023 dan 2024.

Selanjutnya, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri BUMN Erick Thohir juga akan hadir sebagai narasumber dalam talkshow bertajuk “Transformasi Perdagangan dalam Membangun Negeri”.

Gubernur Arinal Djunaidi dalam kesempatannya mengapresiasi Kementerian Perdagangan karena telah memilih Provinsi Lampung sebagai tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Kementerian Perdagangan RI Tahun 2023.

“Semoga menjadi kesempatan bagi Provinsi Lampung untuk lebih memperkenalkan destinasi pariwisata, peluang investasi, kelezatan kuliner, dan produk ekonomi kreatifnya,” kata Gubernur Arinal.

Hadir dalam Raker Ketua Komisi VI DPR RI Faisol Riza, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. Selain itu hadir pula para Pejabat Eselon I Kementerian Perdagangan, diantaranya Sekjen Kemendag Suhanto, Inspektur Jenderal Frida Adiati, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso, Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi, Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Didid Noordiatmoko, Kepala Badan Kebijakan Perdagangan Kasan, Staf Ahli Bidang Pengamanan Pasar Moga Simatupang, Staf Ahli Bidang Manajemen dan Tata Kelola Veri Anggriono Sutiarto, Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Arlinda.

BACA JUGA:  Forum Sosialisasi Pasar Digital dan Peningkatan Ekonomi Rakyat di Era 4.0, Upaya Kemkominfo Dorong UMKM untuk Go Global

Raker juga diikuti oleh Jajaran Perwakilan Perdagangan dan Calon Perwakilan Perdagangan RI di Luar Negeri, Dinas yang membidangi Perdagangan dari seluruh daerah, pelaku usaha, dan akademisi, dengan total berjumlah 400 orang.***