Sosialisasi Pelatihan Petugas Haji Daerah 2023, Gubernur Arinal Minta Berikan Pelayanan Optimal kepada Seluruh Jemaah Haji

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap Petugas Kloter dan Petugas Haji Daerah berikan pelayanan optimal kepada seluruh jemaah haji.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam Acara Sosialisasi Pelatihan dan Pembinaan Pelayanan Petugas Kloter dan Petugas Haji Daerah Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Provinsi Lampung Tahun 2023, di GrandBallroom Golden Tulip Springhill, Bandar Lampung, Senin (15/5/2023).

Gubernur Arinal menjelaskan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang harus dilaksanakan oleh umat Islam sekali dalam seumur hidup. Oleh karena itu, penyelenggaraan ibadah haji harus dilakukan dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan, dengan tujuan untuk meraih ridha Allah SWT.

“Saya berharap kiranya para petugas kloter dan petugas haji daerah, selalu menjalankan tugasnya dengan optimal dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada jamaah haji,” ujar Gubernur Arinal.

Gubernur Arinal menyampaikan bahwa jemaah calon haji tahun ini lebih banyak di dominasi oleh jamaah lansia. Oleh karena itu, peran dan tanggung jawab kita sebagai petugas menjadi semakin penting dalam menyediakan pelayanan yang terbaik bagi mereka. Berikan perlakuan yang ramah, penuh kasih sayang, dan hormat kepada jamaah lansia.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal menyampaikan beberapa hal yang menjadi penekanan, antara lain:
Pertama, Saya minta agar kabupaten/kota menyiapkan transportasi dan konsumsi serta akomodasi bagi jamaah calon haji kabupaten/kota masing-masing.

Kedua, kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi maupun kabupaten/kota, agar dapat membagi kloter jamaah calon haji per kabupaten/kota, dengan memperhatikan jumlah kuota, sehingga tidak terpisah sesama kabupaten/kota. Persyaratanpersyaratan Jamaah Calon Haji, mulai dari dokumen keimigrasian, kesehatan, hingga perlengkapan lainnya agar dicek ulang, sehingga tidak ada kendala di Arab Saudi nanti.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Bahas Persiapan Peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia

Ketiga, kepada tim kesehatan, baik Dinas Kesehatan maupun KKP, agar segera melakukan antisipasi masalah kesehatan seluruh jamaah.

Keempat, kepada petugas hajiĀ  daerah, diminta agar benar-benar melayani jamaah haji dengan tulus dan ikhlas.

Dalam kesempatan yang sama, Karo Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Lampung, Ria Andari, melaporkan bahwa Tahun 2023 jumlah jamaah Haji Provinsi Lampung berjumlah 7.140 jemaah, terdiri dari Jamaah Haji Reguler 7.006 Jamaah, petugas Kloter 90 orang dan Petugas Haji Daerah 44 orang dengan jumlah 19 kloter.

Keberangkatan pertama tanggal 23 Mei 2023 dan Keberangkatan terakhir pada tanggal 13 Juni 2023, sedangkan untuk Kepulangan Pertama tanggal 5 Juli dan Terakhir pada tanggal 26 Juli 2023 tiba di Indonesia.

Lanjut, Rian Andari menjelaskan Sosialisasi Pelatihan dan Pembinaan Pelayanan Petugas Kloter dan Petugas Haji Daerah Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji Provinsi Lampung Tahun 2023 bertujuan untuk memberikan pembekalan dan koordinasi antara Petugas Kloter dan Petugas Haji Daerah.

Untuk diketahui, jumlah jemaah lansia sebanyak 359 orang dengan rincian yang paling tua berusia 96 tahun.***