Program Praktisi Mengajar Dorong Kolaborasi Antara Perguruan Tinggi dan Dunia Kerja

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Sebagai upaya untuk meningkatkan kesiapan lulusan perguruan tinggi dalam menghadapi tantangan dunia kerja, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia menginisiasi Program Praktisi Mengajar.

Program ini bertujuan untuk memfasilitasi pertukaran ilmu dan keahlian antara praktisi ahli di bidangnya dengan dosen juara di perguruan tinggi melalui penyampaian materi kuliah baik secara luring maupun daring.

Salah satu perguruan tinggi yang mengikuti program ini adalah Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Lampung (Unila).

Jurusan Biologi mengundang Dr. Bayu Adjie, S.Si., M.Sc., Kepala Riset Biosistematika Dan Evolusi BRIN sebagai Dosen Praktisi untuk mata kuliah Botani Tumbuhan Rendah dan mata kuliah Pteridologi pada Program Studi S-1 Biologi secara luring.

Dr. Bayu Adjie merupakan mantan Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Purwodadi LIPI yang memiliki pengalaman dan kompetensi di bidang botani.

Menurut Dr. Bayu Adjie, Program Praktisi Mengajar memberikan kesempatan bagi praktisi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan mahasiswa dan dosen di perguruan tinggi.

Sementara itu, Ketua Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung Dr. Ir. Yuni Puji Hastuti, M.Si., mengatakan, Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja.

“Kami sangat mengapresiasi program ini karena bisa membuka wawasan mahasiswa dan dosen tentang perkembangan ilmu dan teknologi di bidang biologi. Kami juga berencana untuk mengundang dosen praktisi lain untuk mata kuliah lainnya baik secara luring maupun daring,” tuturnya.***

BACA JUGA:  Gubernur Arinal Tebar 1 Juta Benih Ikan di Kabupaten Tulang Bawang, Upaya Wujudkan Perikanan Lestari untuk Lampung Berjaya dan Indonesia Maju