Unila Gelar UTBK Mandiri Hari Pertama untuk Empat Jalur

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) seleksi Mandiri hari pertama untuk empat jalur, yakni Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Lampung (SMPTL), PMPAP, Jalur Prestasi Khusus, dan Kelas Internasional, Selasa, 4 Juli 2023.

Lokasi ujian tersebar di tujuh titik yaitu fakultas teknik, UPT TIK Unila, fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, fakultas kedokteran dan Balai Bahasa Unila.

UTBK Mandiri Unila berlangsung selama dua hari, Selasa 4 Juli 2023 hingga Rabu, 5 Juli 2023. Ujian terbagi menjadi tiga sesi yaitu sesi satu pada pukul 06.45-09.15 WIB, sesi dua pukul 09.45-12.15 WIB, dan sesi tiga pukul 13.30-16.00 WIB.

Humas PMB Unila Dr. Fitra Darma, S.E., M.Si., menyampaikan, ada 3.312 orang yang mendaftar pada seleksi Mandiri. Rincinya, SMPTL 2.184 orang, Kelas Internasional tiga orang, PMPAP 1.047 orang, dan Prestasi Khusus 78 orang.

Selain UTBK, peserta dari jalur PMPAP, jalur Prestasi, dan Kelas Internasional akan mengikuti sesi wawancara yang dilaksanakan di beberapa lokasi berbeda meliputi, GSG Unila (PMPAP), ruang sidang lantai empat rektorat (jalur Prestasi Khusus), dan FEB (Kelas Internasional).

Penyelenggaraan ujian secara keseluruhan dilaporkan berjalan dengan lancar dan tertib. Panitia memastikan para peserta telah mengikuti tata tertib yang ditetapkan, mulai dari kelengkapan dokumen ujian, pemeriksaan keamanan, hingga mengikuti tutorial ujian UTBK.

Sesi wawancara melibatkan sejumlah dosen dan tenaga kependidikan Unila sebagai pewawancara. Sesi ini juga berjalan dengan tertib.

Beberapa pimpinan Unila juga hadir untuk memantau jalannya ujian, di antaranya Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., Wakil Rektor Bidang Akademik sekaligus Ketua Pelaksana Seleksi Simanila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Anna Gustiana Zainal, S.Sos., M.Si., Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Murhadi, M.Si., dan Kepala BUK Unila Ida Ropaida, S.E., M.M.

BACA JUGA:  Layanan e-Resource Perpustakaan Unila Tingkatkan Hasil Riset

Unila menunjukkan komitmennya untuk menyelenggarakan ujian seleksi Mandiri yang lebih transparan dan bebas dari kecurangan dengan kehadiran para pimpinan dalam penyelenggaraan ujian tersebut.

Dr. Fitra mengatakan, tagline Unila adalah PROAKTIF, yang berarti profesional, akuntabel, transparan, dan informatif. “Mudah-mudahan tidak ada lagi kasus-kasus seperti yang lalu. Jadi kita sama-sama menjaga, dari pihak panitia, rektor berikut jajarannya juga benar-benar memastikan agar dapat melakukan seleksi yang objektif,” ujarnya.

Pada ujian Seleksi Mandiri Unila tahun 2023 khususnya jalur SMPTL, Unila bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi swasta di Lampung, yaitu Universitas Malahayati, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Universitas Teknokrat Indonesia, dan Universitas Muhammadiyah Lampung.

SMPTL merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan Unila bersama dengan perguruan tinggi swasta di Lampung. Jalur ini bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang berpotensi dan berkualitas akademik untuk melanjutkan studinya di Unila maupun PTS anggota SMPTL.***