Gencar Lakukan Pemanfaatan FABA, PLN NP UPK Tarahan Gelontorkan CSR Untuk Bangun Infrastruktur Jalan Desa

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — PLN Nusantara Power UPK Tarahan meresmikan infrastruktur perbaikan Jalan Desa di Dusun Way Harong dan Dusun Mataram. Melalui program tanggung jawab sosial lingkungan PLN Peduli by PLN Nusantara Power, UPK Tarahan berhasil mengelola Fly Ash Bottom Ash (FABA) yang merupakan sisa pembakaran pada unit pembangkit dan dimanfaatkan menjadi bahan campuran dalam pembangunan infrastruktur.

Peresmian dihadiri oleh Manajemen PLN Nusantara Power UPK Tarahan, PJ Kepala Desa Rangai Tritunggal dan disaksikan oleh Kadus Way Harong, Kadus Mataram, RT Setempat dan Tokoh Masyarakat.

Direkrut Utama PLN Nusantara Power, Ruly Firmansyah menyampaikan komitmen perusahaan dalam mengelola dan memanfaatkan FABA sebagai bahan dalam percepatan pembangunan di Indonesia. Menurutnya, selain dapat menjadi komoditas dalam membuka lapangan kerja, FABA juga mampu menjad bahan campuran semen dan lainnya.

“FABA menjadi daya tarik tersendiri dalam kontribusi perusahaan kepada masyarakat dan pemerintah. Kami telah mengelola FABA menjadi berbagai bentuk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum, seperti pemecah ombak, bahan untuk jalan dan jembatan, bahkan di Pacitan dan Probolinggo kami berhasil membangun rumah berbahan FABA dan kami serahkan kepada masyarakat prasejahtera,” terang Ruly.

FABA adalah material sisa dari proses pembakaran batu bara. Secara fisik, FABA berbentuk seperti debu halus yang mirip dengan abu dari gunung berapi. Perbedaannya terletak pada tingkat kehalusan, tekstur FABA sedikit lebih halus jika dibandingkan dengan abu vulkanik.

Manager UPK Tarahan, Dwi Suprianto juga turut memberikan dukungan dalam pengelolaan FABA kepada masyarakat. Disampaikan dalam sambutannya, FABA merupakan bahan baku utama yang secara sukarela akan diberikan oleh unit pembangkit PLN Nusantara Power agar mendorong kemajuan infrastruktur. Dwi manyampaikan terima kasih kepada kelompok masyarakat dan pemerintah desa yang telah berpartisipasi aktif dalam pengelolaan program CSR ini. Harapannya semoga jalan ini dapat dirawat hingga anak cucu dapat merasakan manfaatnya.

BACA JUGA:  Kapolda Lampung Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Siger Lampung di Graha Wangsa

“Sejak tahun 2021, PLN Nusantara Power UPK Tarahan secara masif melakukan pemanfaatan FABA. Terbukti hingga Agustus 2023, PLN Nusantara Power UPK Tarahan telah memanfaatkan FABA sebanyak 28.777 ton. Dari jumlah tersebut, insfrastruktur yang telah dibangun berupa jalan beton, 2000 ton untuk stabilisasi lahan, 4 unit rumah FABA, 53.435 buah paving, 11.608 buah batako, dan 194 buah tetrapod,” terang Dwi

Dalam pemanfaatan FABA ini, PLN Nusantara Power UPK Tarahan menjalin kerja sama dengan CV Damay Jaya dalam pelaksanaan program Pembangunan jalan rabat beton Dusun Way Harong sepanjang 200 m² dan Dusun Mataram seluas 414,92 m² dengan memaksimalkan FABA PLTU.

Sejak ditetapkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021, bahwa FABA tidak lagi masuk ke limbah yang berbahaya (B3), PLN Nusantara Power UPK Tarahan semakin menggencarkan pemanfaatan FABA guna mendukung berbagai kebutuhan masyarakat.

Mulanya akses jalan menuju dusun tersebut masih berlapis tanah merah dan kurang layak. Apabila terjadi hujan jalan tersebut menjadi becek dan berlubang.

“Kami sangat berterima kasih atas kepedulian PLN NP UPK Tarahan yang telah membantu merealisasikan infrastruktur jalan ini,” tutup Yudi penerima manfaat

Sejalan dengan visi misi perusahaan, PLN NP UPK Tarahan berusaha untuk terus berkembang dan mengajak semua kalangan, masyarakat, pemerintah maupun pelaku usaha, UMKM dan pihak – pihak lainnya untuk bersama – sama memanfaatkan FABA agar memberikan manfaat tidak hanya dari sisi perusahaan namun untuk semua pihak yang membutuhkan.

Melalui program CSR yang diberikan, semoga infrastruktur yang akan dibangun dapat bermanfaat bagi semua kalangan dan menjadi energi positif baik bagi kami untuk tetap semangat memberikan pasokan energi yang handal dan bersih.***

BACA JUGA:  Gelar “Technology Days 2023” Cara XL Axiata Galang Kolaborasi Ciptakan Solusi Digital