Undang Helvy Tiana Rosa, PBSI FKIP Universitas Lampung Kenalkan Dunia Kepenulisan Kreatif

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) menghadirkan Dr. Helvy Tiana Rosa, S.S., M.Hum., dalam gelaran Kuliah Dosen Tamu yang dilaksanakan pada Senin, 30 Oktober 2023. Kegiatan ini diikuti 300-an mahasiswa secara daring melalui zoom meeting.

Perempuan yang juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta tersebut membagikan sejumlah kiat dan pengalaman dalam penulisan kreatif yang disambut antusias oleh peserta.

Mengusung tema “Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia di Era Informasi Digital”, Helvy menegaskan, kepenulisan kreatif merupakan salah satu bidang yang memiliki keunggulan nilai ekonomi menjanjikan bila ditekuni.

“Kita harus meyakini, melalui bahasa kita dapat mengekspresikan semua hal dan bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia harus dijadikan peluang. Menulis puisi, cerpen, novel, atau menjalankan laku sebagai entrepreneur bahasa,” ujar Helvy.

Helvy Tiana Rosa menegaskan, di dunia serba digital ini kedudukan bahasa dapat berperan strategis bila dimaksimalkan dengan tepat. Sebut saja misalnya, ia memberikan contoh, ketika bahasa digunakan pondasi dalam menjalani peran sebagai konten kreator di Instagram, TikTok, atau Youtube.

“Jadi tidak melulu melalui karya buku yang diterbitkan. Saya sebagai dosen pun punya TikTok agar mahasiswa bisa punya contoh dalam berkarya. Alih wahana sastra menjadi peluang kita,” ungkap peraih gelar Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia di Tahun 2023 yang diterbitkan RISSC Jordan.

Khusus di era serba digital, pendiri Forum Lingkar Pena ini pun mengajak agar mahasiswa aktif menulis di sejumlah platform digital. Pasalnya, imbuh dia, nilai ekonomi dari menulis di platform seperti Wattpad, Fizzo, atau NovelToon, tidak bisa dianggap kecil.

BACA JUGA:  PLN UID Lampung Buka 12 Titik Posko Mudik, Berikut Lokasinya

“Kita harus piawai melihat peluang dan mengambil kerja sama. Seperti yang saya lakukan. Dari Swedia ada yang menghubungi saya untuk adaptasi sejumlah novel ke bentuk audio melalui aplikasi StoryTel. Jadi kita cukup aksea aplikasi, ada orang yang bacakan buku itu. Ini kan lumayan,” ajak Helvy menyemangati.

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unila Eka Sofia Agustina, M.Pd., mengatakan, kuliah dosen tamu ini memberikan kesempatan mahasiswa berperspektif berbeda dalam pembelajaran. Bila Mahasiswa selama ini hanya mendapatkan materi di kelas, kegiatan ini menghadirkan bentuk konkret penerapan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

“Ini adalah momen luar biasa. Mahasiswa PBSI bisa belajar langsung dari sosok Helvy Tiana Rosa yang karyanya telah sukses bukan hanya dibaca banyak orang, tapi juga telah diadaptasi dalam beragam bentuk media seperti film, musikalisasi puisi dan lainnya,” ungkap Eka.

Dibuka secara resmi oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Dr. Sumarti, M.Hum., kuliah dosen tamu yang dihelat merupakan upaya program studi untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman yang dibutuhkan sesuai profil lulusan.

Selain itu, kegiatan merupakan rangkaian acara dalam merayakan Bulan Bahasa pada Oktober 2023. Rangkaian kegiatan tersebut di antaranya Festival Bulan Bahasa (FABULA) yang digelar 27-28 Oktober 2023, dengan kegiatan berupa lomba pidato, olimpiade bahasa Indonesia, membaca berita, dan menulis esai.

Juga digelar kegiatan Sehari Berpuisi yang mengajak dosen dan mahasiswa PBSI membacakan puisi secara bergantian selama sehari.***