Telkomsel Gelar T-Connext 2023: Dorong Pemanfaatan Teknologi dan Solusi Digital Berbasis AI di Ekosistem Inovasi Indonesia

ALTUMNEWS.Com, JAKARTA — Mengambil peran terdepan sebagai digital ecosystem enabler di Indonesia, Telkomsel melalui T-Connext yang merupakan platform eksposur ekosistem inovasi perusahaan untuk memberdayakan pertumbuhan ekosistem digital yang menghubungkan produk dan portofolio inovasi Telkomsel beserta investasinya dengan pegiat ekosistem digital di Indonesia, menghadirkan gelaran kegiatan dengan tema ‘Enabling Ecosystem Through AI: Supercharges Innovation for Tomorrow’ yang berlangsung di Jakarta (23/11). Berkolaborasi dengan Foundry, kegiatan tersebut bertujuan untuk memfasilitasi seluruh pelaku ekosistem digital dalam upaya bersama meningkatkan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan menghadirkan solusi terbaru berbasis AI dalam ekosistem inovasi Indonesia.

Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan, “Kehadiran platform ekosistem inovasi T-Connext dan ragam aktivitas yang dihadirkan merupakan perwujudan semangat Telkomsel yang selaras dengan semangat Indonesia untuk bersama-sama menciptakan terobosan melalui pemanfaatan teknologi terkini yang dapat menggerakkan kemajuan ekosistem digital Indonesia, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi digital nasional. Melalui kegiatan yang dihadirkan kali ini, dengan mengusung tema AI, Telkomsel melalui T-Connext berupaya membuka lebih banyak peluang dalam mengoptimalkan synergy value untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, utamanya mendorong laju pertumbuhan dan perkembangan inovasi berbasis AI yang dapat memberikan dampak kemajuan bagi bangsa untuk saat ini dan di masa depan.”

Penyelenggaraan T-Connext 2023 yang berfokus pada membangun jejaring, meningkatkan kompetensi, dan memfasilitasi penciptaan nilai tambah, menghadirkan tokoh-tokoh terkemuka dari ekosistem digital Indonesia, seperti Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama dan Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Bonifasius Wahyu Pudjianto, yang berbagi insight mengenai kondisi terkini ekonomi digital Indonesia. Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam, menjelaskan peranan T-Connext dalam mendukung pengembangan teknologi dan ekosistem digital. Sementara itu, Presiden Direktur Microsoft Indonesia Dharma Simorangkir menyampaikan topik ‘Harness the Power of Generative AI for Innovation Ecosystem’ di sesi keynote.

BACA JUGA:  Tingkatkan Pengalaman Digital Pelanggan, Telkomsel dan WeTV Hadirkan Eksklusif Langganan WeTV VIP Mobile di Paket Kuota Data Bulanan Favorit Tanpa Biaya Tambahan

Acara ini juga menghadirkan berbagai kegiatan yang dirancang untuk semakin mendorong partisipasi dan menciptakan inovasi. Seperti Diskusi Panel dengan tema ‘Enabling Ecosystem Through AI: Supercharges Innovation for Tomorrow,’ yang menghadirkan Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng, Founder Pluang Claudia Kolonas dan CEO Feedloop.ai Ajie Santika, yang mengeksplorasi potensi transformasional AI dalam membentuk masa depan digital. Terdapat juga AI Innovation Showcase yang menampilkan portofolio startup Telkomsel seperti Sekolah.mu dan Inspigo.id. Kemudian networking session yang menjadi sarana bagi startup, portfolio, dan investor untuk bertemu secara langsung dan menggali lebih dalam berbagai potensi kolaborasi.
Pada kesempatan yang sama, Telkomsel melakukan ‘collaboration announcement’ bersama Microsoft, di mana penjajakan fokus kolaborasi ini terkait dengan keberlanjutan roadmap Gen AI sebagai akselerator pengembangan ekosistem digital di Indonesia. Selain itu, rencana tersebut mencakup implementasi Gen AI di Telkomsel, dengan tujuan memberikan produk dan layanan unggulan yang memberikan pengalaman terdepan bagi seluruh pelanggan.

Selain itu, pada penyelenggaraan T-Connext 2023, Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) yang merupakan anak perusahaan Telkomsel di bidang investasi, melakukan perubahan pada nama dan logo (rebranding) menjadi Telkomsel Ventures untuk mengukuhkan dan memperkuat posisinya sebagai Corporate Ventures Capital (CVC) dalam ekosistem inovasi T-Connext. Perubahan tersebut merupakan upaya berkelanjutan dari strategi Telkomsel Ventures yang berkomitmen untuk menemukan dan mengembangkan potensi startup yang dapat mendorong penguatan portofolio bisnis perusahaan di sektor digital dengan membangun synergy value antara aset terdepan Telkomsel dan pegiat ekosistem digital. Hal ini dilakukan demi mendukung pertumbuhan dan pemberdayaan startup di Indonesia untuk memperkuat ekosistem digital nasional.

Selain Telkomsel Ventures, T-Connext sebagai platform Ekosistem Inovasi Telkomsel juga memiliki tiga pilar inovasi lainnya yang mendorong pertumbuhan dan pengembangan ekosistem digital serta startup di Indonesia, yakni INDICO sebagai anak usaha Telkomsel yang mengembangkan ekosistem digital Indonesia dengan membantu pertumbuhan bisnis secara terukur dengan memaksimalkan value creation dalam pengembangan produk, inkubasi bisnis, dan investasi strategis. Kemudian Tinc sebagai program akselerasi startup untuk berbagai solusi digital berbasis teknologi terkini, dan NextDev yang dirancang dan diposisikan sebagai impact incubator bagi early-stage startup sebagai upaya menciptakan dampak sosial dengan proses bisnis berkelanjutan yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG). Simak informasi lebih lanjut tentang T-Connext pada laman www.tconnext.id.***

BACA JUGA:  Pusat Pengobatan Alat Vital Lampung H. Abdullah Langsung Joss HP 082261110051