Pastikan Distribusi Energi selama Ramadan dan Idulfitri, Pertamina Patra Niaga Aktifkan Satgas RAFI 2024

ALTUMNEWS.Com, LAMPUNG TENGAH – Guna memastikan kesiapan seluruh kegiatan operasi dan layanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar di masa ramadhan dan Idulfitri 1445 H, Direksi PT Pertamina Patra Niaga melakukan kunjungan ke berbagai sarana dan fasilitas Pertamina Patra Niaga yang berada di Sumatera Bagian Selatan.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya, didampingi oleh Executive General Manager Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih memantau langsung fasilitas unit operasi pendistribusian bahan bakar seperti Integrated Terminal (IT) Panjang, Depot Pengisian Pesawat Udara, serta SPBU di jalur Tol Lampung-Palembang.

Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga PT Pertamina Patra Niaga, Maya Kusmaya, dalam kunjungannya mengatakan pengecekan hari ini dalam rangka memastikan pelayanan pada masa ramadhan dan idul fitri ini dapat berjalan dengan baik dan kondisi stok dalam keadaan aman.

“Untuk memastikan pemenuhan atas proyeksi peningkatan konsumsi, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memastikan kehandalan operasional mulai dari terminal BBM dan LPG, mobil tangki hingga SPBU dan SPBE, serta menyiagakan build up stock dan fakultatif jika sewaktu-waktu diperlukan. Untuk produk subsidi dan penugasan, penyaluran akan disesuaikan dengan kuota yang telah ditetapkan Pemerintah,” jelasnya.

Selain itu, guna memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama Ramadhan dan Idul Fitri, Pertamina kembali membentuk Satuan Tugas (SATGAS) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) yang akan bertugas mulai tanggal 25 Maret hingga 21 April 2024.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah kebutuhan BBM dan LPG selama masa Satgas RAFI diwilayah Sumatera Bagian Selatan. Setidaknya akan ada peningkatan kebutuhan sebanyak 10 persen untuk Gasoline (bensin) jika dibandingkan dengan rata-rata penjualan pada bulan sebelumnya dan untuk produk Gasoil (Solar) tidak ada perubahan yang signifikan.

BACA JUGA:  Anjau Silau, dalam Perspektif Moderasi Beragama dari Masa ke Masa

Selain itu, pihaknya juga memprediksi konsumsi LPG akan mengalami peningkatan pada ramadhan tahun ini dengan estimasi sebanyak 5 persen dibandingkan dengan rata-rata penjualan pada bulan sebelumnya. Dan untuk konsumsi Avtur akan mengalami peningkatan dengan estimasi sebanyak 6 persen dibandingkan dengan penjualan rata-rata pada bulan sebelumnya.

Saat ini, ketersediaan BBM dan LPG dalam kondisi aman dan seluruh infrastruktur telah disiagakan, yang meliputi 10 terminal BBM, 2 terminal LPG, 688 SPBU, 56 SPBE, 491 Agen LPG, dan 6 DPPU.

Selain infrastruktur dan sarfas utama, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga menyediakan layanan tambahan BBM di jalur potensial meliputi jalur tol, jalur wisata, dan jalur lintas utama, berupa 87 SPBU Siaga, 5.540 Outlet Pangkalan LPG Siaga, 7 Unit Kiosk Pertamina Siaga, 18 Unit Motorist, dan 16 Unit Mobil Tanki standby.

Saat ini, Pertamina menyediakan layanan energi meliputi 11 SPBU di jalur toll diantaranya SPBU KM 20B Bakauheni – Terbanggi Besar, SPBU KM 49A Bakauheni – Terbanggi Besar, SPBU KM 87A Bakauheni – Terbanggi Besar, SPBU KM 115A Bakauheni – Terbanggi Besar, SPBU KM 115B Bakauheni – Terbanggi Besar, SPBU KM 163A Terbanggi Besar – Pematang Panggang, SPBU KM 172B Terbanggi Besar – Pematang Panggang, SPBU KM 215B Terbanggi Besar – Pematang Panggang, SPBU KM 234A Terbanggi Besar – Pematang Panggang, SPBU KM 311A Pematang Panggang – Kayu Agung, dan 7 titik SPBU Modular yang akan aktif pada 31 Maret 2024, diantaranya SPBU KM 49B, SPBU 20A, SPBU 269B, SPBU 306B, SPBU 277A, SPBU 56A, SPBU 56B.

Sebagai informasi, untuk wilayah Lampung terdapat layanan tambahan yang disiagakan diantaranya 10 SPBU di jalur Tol Trans Sumatera, 3 Unit KiosK, 7 SPBU Kantong serta terdapat 16 Unit Motoris atau Pertamina Delivery Service (PDS).

BACA JUGA:  FH Unila Gelar Yudisium untuk 130 Calon Wisudawan

Sedangkan di wilayah Sumatera Selatan terdapat layanan tambahan yang disiagakan diantaranya 1 SPBU di jalur Tol Trans Sumatera, 4 Unit KiosK, 9 SPBU Kantong.

Dalam kesempatan yang sama Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih juga kembali menegaskan bahwa ketahanan stok BBM, LPG serta Avtur di Sumbagsel dalam keadaan aman dan akan dioptimalisasikan jelang puncak arus mudik lebaran ini. 

“Melalui satgas rafi, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel berkomitmen memenuhi kebutuhan energi para pemudik baik pada arus mudik maupun arus balik nanti, sehingga konsumen tidak perlu khawatir, namun kami juga senantiasa menghimbau pemudik untuk dapat mengisi penuh tangki kendaraannya di titik awal keberangkatan untuk meminimalisir potensi antrean pengisian BBM di sejumlah rest area,” terang Zibali.

Pertamina Patra Niaga juga kembali menyediakan loyalty program bagi pelanggan setia produk-produk berkualitas Pertamina. MyPertamina Tebar Hadiah (MTH) 2024 kembali hadir untuk pelanggan setia yang melakukan pembelian produk berkualitas Pertamina seperti Pertamax Series & Dex Series dan Bright Gas melalui MyPertamina, berkesempatan memenangkan berbagai hadiah yang telah disiapkan.

Selain itu, untuk masyarakat Lampung tersedia program Tugas Geh! dengan menukarkan 2 tabung LPG 3 Kg ke 1 BrighGas 5,5 Kg, masyarakat Lampung berkesempatan mendapatkan hadiah utama sepeda motor dan hadiah menarik lainnya senilai puluhan juta, program ini berlangsung selama masa ramadhan.

Untuk kemudahan seputar informasi layanan Pertamina terdekat dari lokasi anda maupun kendala layanan seputar produk BBM dan LPG, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 atau melalui aplikasi MyPertamina.***