Telkomsel Enterprise Rilis Riset Ramadan Insight 2024, Menangkan Momen Ramadan dengan Pahami Pola Perilaku Pelanggan untuk Jangkau Pasar Lebih Luas

ALTUMNEWS.Com, JAKARTA -– Telkomsel melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise kembali merilis hasil riset Ramadan Insight 2024 yang dapat dijadikan panduan bagi para pelaku bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas selama bulan suci Ramadan melalui pemanfaatan ragam solusi layanan digital advertising dan data insight dari Telkomsel Enterprise. Berdasarkan hasil riset tersebut melalui pemanfatan online survey tsurvey.id dan telco data insight, Telkomsel menemukan beberapa valuable insights seperti pola perilaku konsumen yang semakin mengarah pada pemanfaatan layanan digital dengan tingginya akses internet untuk berbagai aktivitas seperti browsing, gaming, dan chatting selama Ramadan, kemudian lebih dari 78% responden menyatakan mengalami peningkatan pengeluaran selama bulan suci ini, sementara lebih dari 60% merencanakan mudik satu minggu sebelum Lebaran.

Vice President Digital Advertising, Wholesale & Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya mengatakan, “Sejalan dengan semangat Indonesia yang menginspirasi Telkomsel untuk terus menghadirkan terobosan, Telkomsel Enterprise kembali hadir melalui Ramadan Insight 2024 sebagai langkah maju dalam meningkatkan pemasaran berbasis tren yang kian berkembang untuk memenangkan peluang di momen Ramadan tahun ini. Melalui hasil riset ini, dengan semangat #PastiAdaSolusi, kami di Telkomsel berupaya untuk memberikan wawasan yang mendalam kepada pelaku bisnis tentang perilaku konsumen selama periode Ramadan. Kami berharap dengan di rilisnya riset Ramadan Insight 2024 ini, para pelaku bisnis dapat mengoptimalkan strategi pemasaran mereka untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan yang beragam selama momen Ramadan dan mudik lebaran tahun 2024.”

Berdasarkan hasil riset yang lebih mendalam, menyoroti peningkatan trafik data selama Ramadan di berbagai komunitas. Komunitas Gamers, misalnya, mengalami peningkatan trafik data sebesar 20%, terutama selama waktu ngabuburit, dengan memainkan game seperti Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, dan Roblox menjadi yang paling diminati. Segmen youth juga menunjukkan peningkatan trafik data sebesar 10%, dengan 78 juta generasi muda terlibat dalam berbagai aktivitas online selama bulan Ramadan. Di sisi lain, Komunitas para pencari promo mencatat peningkatan trafik data sebesar 26% pada segmen belanja online dan e-commerce, di mana mereka berburu promo di berbagai platform selama bulan suci ini, dengan mayoritas aktivitas terjadi pada malam hari 33%, siang hari 21%, dan sebelum berbuka puasa 23%.

BACA JUGA:  Implementasikan Prinsip ESG Berkelanjutan, Telkomsel Hadirkan Layanan Inklusif Ramah Disabilitas bagi Teman Tuli di GraPARI

Kemudian melalui pemanfaatan online survey tSurvey.id, ditemukenali bahwa sebanyak 69% responden meningkatkan alokasi donasinya selama momen Ramadan, di mana salah satu faktornya karena adanya THR yang di terima dalam bentuk cash 83% dan transfer bank 12%. Kemudian 68% responden menyatakan bahwa mereka memiliki rencana untuk mudik, di mana mayoritas responden menyesuaikan jadwal libur dan cuti mereka untuk mudik satu minggu sebelum lebaran, selain itu sebagian besar responden membeli tiket mudik satu bulan sebelum lebaran. Untuk melaksanakan mudik, mode transportasi kendaraan pribadi mobil dan motor menjadi yang paling banyak di pilih, kemudian di ikuti oleh Kereta Api, Pesawat dan Bus.

Selain donasi dan mudik, belanja menjadi kegiatan pokok lain pada saat Ramadan, hasil riset ini juga menunjukkan bahwa toko offline masih menjadi pilihan utama untuk berbelanja, meskipun e-commerce sudah menjadi salah satu pilihan terbaik untuk berbelanja. Shopee mendominasi sebagai platform e-commerce pilihan utama masyarakat dengan 60% responden, diikuti oleh Tokopedia 20% dan Lazada 10%. Kemudahan berbelanja, gratis ongkos kirim, dan pembayaran online yang terintegrasi menjadi alasan utama konsumen memilih e-commerce.

Terkait pengeluaran selama Ramadan, sebanyak 78% responden menyatakan mengalami peningkatan pengeluaran, di mana mayoritas dari mereka meningkatkan pengeluarannya sebanyak satu sampai dengan tiga kali di atas pengeluaran biasanya, dengan lima prioritas pengeluaran utama seperti sembako, makanan siap saji, pakaian baru, vitamin dan obat-obatan hingga tiket mudik. Selain itu gadget juga masih menjadi salah satu pengeluaran terbesar selama momen Ramadan, di mana pelajar merupakan segmen yang paling membutuhkan gadget baru dengan 56%, kemudian di ikuti oleh pekerja dan wiraswasta. Mereka cenderung membeli jenis perangkat ini secara teratur dengan persentase pembelian Handphone sebesar 63%, Laptop sebesar 22%, dan 7% dari responden juga membeli TV baru.

BACA JUGA:  PGN Dapat Tambahan Pasokan Gas Bumi dari Jambi Merang

Melalui hasil survei ini, menunjukkan betapa pentingnya momen Ramadan dan Hari Raya bagi masyarakat Indonesia, di mana masyarakat akan berusaha untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan kerabat di kampung halaman. Bagi pelaku bisnis, informasi ini sangat berharga karena memberikan wawasan mendalam tentang pola perilaku dan preferensi pasar. Hasil survei ini juga dapat dimanfaatkan oleh pemangku kebijakan dalam kapasitasnya melakukan interfensi sosial dan memberikan layanan publik yang optimal dan berdampak positif. Dengan memahami betapa pentingnya momen ini bagi masyarakat, para pelaku bisnis dapat mengarahkan strategi pemasaran mereka secara lebih tepat dan efektif. Mereka dapat memanfaatkan solusi Telkomsel DigiAds yang menyediakan beragam opsi periklanan digital, memungkinkan mereka untuk menjalankan kampanye mobile marketing atau digital marketing dengan efektif dan efisien, serta mencapai target audiens dengan lebih tepat.

Selain itu, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pasar dan pelanggan, pelaku bisnis atau Lembaga tertentu bisa memenfaatkan solusi tSurvey.id yang mampu membantu kebutuhan riset, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya. Hal ini membuka peluang bagi para pelaku bisnis untuk mengoptimalkan program pemasaran mereka dari awal hingga akhir, dengan berpegang pada pemahaman yang kuat tentang pasar dan pelanggan mereka. Informasi lebih lanjut mengenai detail hasil riset Ramadan Insight 2024 dari Telkomsel Enterprise dapat diakses pada tautan https://tsel.id/RamadanInsight2024.

Pelanggan bisnis dari segmen korporasi, industri dan sektor UMKM dapat mengakses informasi mengenai ragam solusi digital terbaik dari Telkomsel Enterprise melalui laman tsel.id/enterprise.***