Dinas BMBK Provinsi Lampung Tinjau Perbaikan Ruas Jalan Alternatif Bagi Pemudik Jelang Perayaan Idulfitri 1445 H

ALTUMNEWS.Com, LAMPUNG SELATAN — — Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK), melakukan peninjauan sejumlah ruas jalan dalam tahap pelaksanaan pengerjaan proyek jalan, Jumat (05/04/2024).

Kegiatan peninjauan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Lampung mempersiapkan infrastruktur jalan menghadapi arus mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur, dan Kota Metro.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung, M. Taufiqullah, menjelaskan bahwa peninjauan tersebut bertujuan untuk mengevaluasi ruas-ruas jalan yang sedang dalam proses perbaikan. Hal ini dilakukan untuk menentukan prioritas perbaikan ruas jalan alternatif bagi para pemudik menjelang perayaan Idul Fitri 1445 H, terutama jalur Korpri – Sukadamai dan Sukadamai – Kibang.

M. Taufiqullah menekankan bahwa prioritas perbaikan diarahkan pada ruas jalan yang memegang peran penting dalam perekonomian masyarakat guna memudahkan mobilitas para pemudik pada jalur alternatif.

“Kami fokus dalam rangka persiapan jalur alternatif arus mudik lebaran, jalan yang sangat vital bagi perekonomian masyarakat. Ruas jalan yang dapat menghambat akan mendapat perhatian khusus dalam pembangunan, khususnya sebagai jalur alternatif menuju Kota Metro dan kabupaten terdekat.” ungkapnya.

Selain itu, M. Taufiqullah juga menyoroti pentingnya sistem drainase dalam mencegah kerusakan badan jalan. Oleh karena itu, peningkatan sistem jaringan drainase juga menjadi salah satu prioritas dalam upaya perbaikan infrastruktur jalan.

Beberapa ruas jalan yang ditinjau antara lain : Korpri-Sukadamai, Sukadamai-Kibang, dan. Soekarno Hatta -Metro.

Kepala UPTD Wilayah II Dinas BMBK Provinsi Lampung, Yovi Humara, juga menegaskan bahwa genangan air di badan jalan, terutama saat curah hujan tinggi, menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kerusakan jalan. Oleh karena itu, perbaikan drainase menjadi bagian integral dalam upaya pemeliharaan infrastruktur jalan.

BACA JUGA:  Terpilih Kelola Jaringan 4G USO di Sumatera, Layanan 4G XL Axiata Meluas Hingga Pesisir Barat

Yovi menambahkan bahwa ruas jalan Korpri-Sukadamai di Lampung Selatan menjadi prioritas perbaikan karena tingginya volume lalu lintas. Harapannya, perbaikan ruas jalan tersebut dapat diselesaikan sebelum Idulfitri.***