UKM Penelitian, UKM KSR, dan UKM Smart Polinela Adakan Donor Darah

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — Sebagai upaya mempererat solidaritas dan meningkatkan kepedulian sosial, Unit Kegiatan Mahasiswa Penelitian (UKMP) Universitas Lampung (Unila) menggelar donor darah bertema “Peduli Bersama, Lakukan Bersama, Rayakan Satu Aksi Donor Darah”.

Kegiatan yang dibuka untuk umum ini melibatkan kolaborasi antara UKMP, UKM Smart Polinela, UKM KSR PMI, dan PMI Lampung. Kegiatan diadakan pada Sabtu, 8 Juni 2024, mulai pukul 08.00 Wib di Shuttle Bus Unila.

Kegiatan dihadiri anggota dan panitia dari ketiga UKM, dengan harapan bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat melalui donor darah. Selain bertujuan untuk mengumpulkan kantong darah bagi yang membutuhkan, kegiatan digelar sebagai ajang mempererat hubungan antarUKM di lingkungan kampus.

Ade Kurnia selaku Ketua Umum UKMP menyampaikan pentingnya kegiatan ini tidak hanya berfokus pada aspek kemanusiaan dengan mengumpulkan darah bagi yang membutuhkan, tetapi juga berusaha mempererat hubungan antarmahasiswa dari berbagai UKM.

“Donor darah ini memberikan kesempatan bagi kami untuk berbagi sekaligus mempererat ikatan persaudaraan dengan teman-teman dari UKM lain,” ujarnya.

Kegiatan ini mengundang antusiasme tinggi dari para anggota ketiga UKM, yang datang dengan penuh semangat untuk mendonorkan darahnya. Pendonor berjumlah 70-an orang dan menghasilkan total 15 kantong darah.

Proses registrasi pendonor dimulai dengan mengisi daftar hadir kemudian pengecekan berat badan dan kadar Hemoglobin (Hb). Jika pendonor memenuhi syarat, maka donor darah akan langsung dilaksanakan. Setelah selesai mendonor, para peserta mendapatkan bingkisan berupa vitamin, makanan dan susu.

Ketentuan batasan Hemoglobin pada pemeriksaan pendahuluan sebelum donor darah yaitu 12,5 – 17,0 gr/dL%, ketentuan ini dapat ditemukan di Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 91 tahun 2015.

Selain memberi manfaat langsung melalui donor darah, acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian sosial di kalangan mahasiswa.

BACA JUGA:  Kapolri Tito Karnavian Apresiasi Keberhasilan Polda dan Pemprov Lampung dalam Menggelar "Millenial Road Safety Festival 2019"

Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan semangat untuk berkontribusi dan bekerja sama dalam kegiatan sosial lainnya akan terus hidup dan berkembang di lingkungan kampus.***