Pahami Potensi Diri Melalui Seminar Karier Mahasiswa 2024 yang Digelar CCED

ALTUMNEWS.Com, BANDARLAMPUNG — UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan (UPT PKK) Universitas Lampung (Unila) menggelar Seminar Karier Mahasiswa 2024 di Gedung Aula A FKIP Unila pada Kamis, 13 Juni 2024. Kegiatan dimulai pukul 08.00 Wib ini diikuti puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan dan fakultas.

Acara dibuka Kepala UPT PKK Dr. Usep Syaipudin S.E., M.S.Ak., serta turut mengundang dua narasumber hebat, yaitu Ferdy Fu selaku Head of Finance, Accounting & Tax Great Giant Food dan Indra Jantana selaku Team Leader Regional Decision Support Kanwil BRI Lampung.

Dr. Usep Syaipudin dalam sambutannya mengatakan, Unila sebagai perguruan tinggi memiliki indikator kinerja utama (IKU) dengan tiga parameter untuk mengukur kualitas lulusan. Oleh karena itu, untuk menunjang kesiapan karier calon lulusan, UPT PKK menyediakan wadah yang mempertemukan praktisi dunia industri dan mahasiswa.

Ferdy Wu selaku narasumber pertama membawakan materi bertajuk “From Students to be a Professional”, dengan tujuan untuk membangun dan mengembangkan skill mahasiswa agar siap saat terjun ke dunia pekerjaan.

Menurutnya, karakter yang kuat tidak bisa dibangun hanya dalam semalam. Butuh waktu lama untuk membuat seseorang menjadi individu yang memiliki mindset terbuka dan mental kuat.

Ferdy juga berpesan kepada mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum terjun ke dunia kerja, dengan menjadi lebih produktif, tahan terhadap rintangan, dan semakin kreatif.

“Jangan pernah berhenti untuk berkreasi dan berhenti melakukan sesuatu saat ada masalah. Hidup tidak seindah yang dibayangkan, sehingga penting bagi individu untuk kuat dalam persaingan dan pertentangan yang ada,” ujar Ferdy.

Selanjutnya, Indra Jantana turut menyampaikan materi berjudul “How to Sell Your Potency”.

Menurutnya, mahasiswa harus seimbang dalam melatih hard skill dan soft skill, sehingga ketika lulus mahasiswa mampu secara adaptif mengikuti alur pekerjaan di tempat mereka bekerja nanti.

BACA JUGA:  Hindarto Tannando Menang Banding Melawan PT. Atlantik Batu Lungguh, Pengembang Perumahan Dadi 4 “99”

kegiatan berlangsung dengan berbagai sesi menarik, salah satunya tanya jawab. Pada tahap ini, ada berbagai mahasiswa yang ingin mengetahui bagaimana cara mempersiapkan diri hingga sepuluh tahun ke depan.

Di akhir acara, moderator juga membagikan hadiah kepada mahasiswa yang berhasil menjawab, sekaligus memberi pertanyaan ke pemateri. Kemudian, ada pula sesi foto yang menjadi penutup acara.

Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi sarana bagi mahasiswa untuk lebih produktif dalam meningkatkan soft skill, dan menambah bekal pengetahuan untuk tantangan di dunia kerja.***